Resep Pasta Vanilla Rumahan

Anda hobi membuat kue? Fungsi pasta pada resep kue guna menciptakan rasa dan juga warna. Selain bisa membeli produk pasta buatan pabrik, Anda yang juga bisa membuat sendiri bahan pasta guna melengkapi resep kue yang diperlukan. Pasta vanili, dikenal dengan warnanya yang hitam dan menciptakan rasa vanilla, namun terdapat perbedaan antara pasta vanilla buatan pabrik dengan homemade vanilla bean paste atau resep pasta vanilla rumahan. Paling mencolok adalah adanya vanilla flecks atau bintik biji hitam buah vanilla sebagai ciri penggunaan pasta vanilla alami.

Penggunaan buah vanilla beans sendiri yang bisa secara langsung dengan menyayat melintang vanilla beans dan mengeluarkan biji bagian dalamnya untuk kemudian dicampur ke adonan kue, ataupun buah vanilla beans diolah menjadi sirup vanilla maupun pasta vanilla sehingga selain lebih praktis digunakan dan juga akan lebih hemat dari sisi food cost. Berikut adalah resep cara membuat pasta vanilla alami untuk bahan kue dan minuman. 


Rebus 50 Gram Batang Vanilla Bean yang sudah terbuka kulit batangnya pada air mendidih 500 ml, masukkan 100 Gram Ground Vanilla Powder pada air mendidih tersebut diikuti 500 gram gula pasir, Aduk hingga mengental pada Nyala Api. Matikan Api dan Tiriskan Untuk ground vanilla powder sendiri adalah optional, namun akan lebih membuat warna pasta lebih hitam dan kaya akan garnish biji vanilla bila digunakan.

Saring Pasta Vanilla lalu simpan dalam Kulkas pada Wadah Botol ataupun Lainnya. 1 Batang Vanilla Bean = 1 Sendok Teh Pasta Vanilla = 1 Sendok Vanilla Ekstrak. Biji Batang Vanilla Bean tetap bisa digunakan berkali-kali walaupun telah direbus selama aroma masih ada. Keringkan Batang Vanilla Bean dan Simpan dalam Toples untuk kemudian digunakan lagi. Daya Tahan Pasta Vanilla dalam Kulkas bisa mencapai 6 hingga 8 Bulan.

  

Mana yang lebih baik antara vanilla pod atau ground vanilla powder? Sebagai saran adalah sebaiknya memakai keduanya dan mengubahnya ke dalam bentuk vanilla bean paste atau pasta vanilla sebagaimana resep di atas. Campurkan langsung vanilla bean paste pada adonan kue ataupun minuman. Untuk resep pasta vanilla rumahan yang hanya mempergunakan vanilla bubuk saja dapat dlihat pada How to make self made vanilla paste 

Bubuk Vanili Alami Dan Batangan
 
Vanilla pod atau vanilla beans atau vanilla batangan atau vanilla stick, sedangkan vanilla powder alami lebih tepatnya disebut ground vanilla powder atau vanili bubuk alami, berwarna cenderung kecoklatan, berbentuk tepung sedikit kasar dan tidak larut dalam air. Ground vanilla powder dibuat dengan menghaluskan vanilla batangan tanpa campuran apapun. Beli vanilla bubuk di sini, Vanili Bubuk Sachet

Samakah Pasta Kue Vanilla dengan larutan ekstrak vanili? Adalah berbeda pada proses pembuatannya antara pasta vanilla dan ekstrak vanilla, ekstrak vanilla dibuat biasanya dengan campuran alkohol sebagai pelarutnya sehingga menjadi perdebatan dalam kehalalannya.