Robot Penghias Cupcake

Cupcake, kue berukuran mini yang menjadi favorit dunia. Diperlukan kesabaran dan keuletan bagi pembuat cupcake manakala sampai pada tahapan akhir pembuatan kue ini, yaitu sentuhan dekorasi hiasan cupcake atau yang biasa dikenal dengan istilah frosting. Kini, pekerjaan menghias cupcake yang dapat dilakukan oleh sebuah robot.



Informasi yang didapat dari situs The Manufacturer, perusahaan Mitsubishi Electric, Scorpion Vision dan Quasar Automation yang tengah bekerjasama untuk mengembangkan sebuah robot guna membantu proses dekorasi pada kue. 

Penjelasan Bob Hinchcliffe, Managing Director Quasar di Ripon, North Yorkshire, pekerjaan menghias kue sebagai proses tersulit dikarenakan dibutuhkan keterampilan, keahlian dan memakan waktu, adanya bantuan robot  tentu akan sangat membantu. Hinchcliffe yang juga mengatakan bahwa Quasar mengkhususkan diri dalam otomasi untuk industri makanan, dan beberapa tahun terakhir telah mengembangkan minat dalam potensi robot untuk aplikasi makanan.

Cerita Kue Mungil Cupcake

Cupcake, Kue Favorit Selebriti Dunia

Pengetahuan lain yang didapat dari situs Food Processing, perusahaan Unifiller yang memperkenalkan Deco-Bot, robot yang bisa membantu untuk memberikan hiasan atau frosting pada resep cupcake yang dibuat. Saat ini Deco-Bot yang memiliki kemampuan memberikan dekorasi bunga mawar pada cupcake sebagaimana penjelasan pada situs perusahaan terkait. Deco-Bot, Robotic Cake Decorator.