Dewandaru, Buah Sehat Dari Pohon Mistis

Dewandaru, pohon yang lebih diyakini memiliki khasiat mistis dan nilai kesaktian pada sebagian masyarakat di Indonesia. Dewandaru yang mengandung arti Pembawa Wahyu Dewa dalam terminologi Jawa. Kayu pohon Dewandaru yang dipercaya bertuah dapat menambah kharisma dan pengusir gangguan gaib. Cerita yang berkembang, pohon yang bernama latin Eugenia uniflora ini pertamakalinya ada di Karimun Jawa dibawa oleh Sunan Nyamplungan putra Sunan Muria setelah kepulangan bersama ibunya dari negeri Cina. Pohon Dewandaru yang banyak disebut juga Cereme Asam, Asem Selong dan Belimbing Londo. 

Ternyata bukan hanya saja tumbuh di Indonesia, pohon Dewandaru yang cocok ditanam di daerah beriklim tropis ini juga ada di wilayah negara lainnya di dunia seperti Brazil, Hawaii Amerika Serikat, Uruguay hingga Afrika. Bersumber dari StylishWalks, Surinam Cherry, Pitanga, Florida dan Brazilian Cherry adalah nama lain yang dikenal untuk pohon Dewandaru karena bisa dimakan buahnya. Bukan mitos, buah pohon Dewandaru yang memiliki banyak manfaat kesehatan sebagai tanaman obat hingga buah Dewandaru untuk bahan aneka resep kue, masakan, minuman jus, selai dan juga es krim. 




Buah Dewandaru dengan bentuknya yang bulat dan akan berwarna kemerahan seperti Stroberi manakala sudah matang dan siap dipetik dari pohonnya. Penelitian yang dilakukan Dr. Margaret Mustard dari Universitas Miami sebagaimana berita bersumber dari Livestrong, bergantung tingkat kematangannya, tiap 100 gram buah Dewandaru yang dikonsumsi adalah mengandung 0,84 hingga 1,01 gram protein, 0,4 hingga 0,88 gram lemak, 7,93 hingga 12,50 gram karbohidrat, 9 mg kalsium, 11 mg fosfor dan 0,2 mg zat besi. Kemudian Departemen Pertanian Amerika Serikat yang merekomendasikan buah Dewandaru sebagai buah yang sangat baik dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan vitamin bagi tubuh manusia, per 100 gram buah Dewandaru adalah terkandung 26,30 mg vitamin C dan 33,90 hingga 43,90 mg vitamin A.


Di Brazil, es krim dengan flavor buah Pitanga atau Dewandaru menjadi es krim favorit yang banyak disajikan di coffee shop dan juga restoran mewah. Pohon Dewandaru yang selain tumbuh liar juga dapat dikembangkan sebagai tanaman budidaya untuk dipanen buahnya. Sebagaimana informasi yang didapat dari Fruitipedia, di Brazil, tiap 450 gram buah Dewandaru segar dihargakan rerata $ 3.5 oleh pasar lokal setempat. Bagi Anda yang belum pernah mencobanya, buah Dewandaru yang akan berasa sedikit asam dan manis di lidah bila dikonsumsi dalam keadaan segar.