Manfaat Daun Suji Pewarna Kue Alami

Bagi Anda yang hobi membuat kue dan masih menggunakan bahan pewarna buatan, manfaat daun suji yang ternyata bisa memberikan warna hijau pada adonan kue secara alami. Serupa dengan manfaat daun pandan, namun kepekatan warna hijau yang dihasilkan dari ekstraksi daun suji jauh lebih baik. Pleomele angustifolia, nama latin tanaman daun suji yang juga mendapat julukan pandan betawi dan herba abadi dikarenakan manfaat daunnya yang bisa untuk obat-obatan.

Adalah kandungan pigmen klorofil pada daun suji yang menimbulkan warna hijau saat dimanfaatkan sebagai bahan pewarna, yaitu dengan cara menumbuk daun suji dicampur dengan air ataupun dengan cara diblender. Ekstrak daun suji yang kini mulai dikembangkan berupa bubuk agar lebih mudah dalam aplikasinya. 


Jangan keliru membedakan antara daun suji dan daun pandan, sepintas tampak mirip, ukuran daun suji yang lebih pendek dibanding daun pandan, selain itu keharuman daun suji yang masih kalah aromatik dibanding daun pandan.


Tidaklah sulit menanam tanaman daun suji, selain kaya manfaatnya, tanaman daun suji yang bisa sebagai tanaman hias bila ditanam di pekarangan rumah. Tanaman daun suji yang bisa mencapai lebih dari 1 meter dan memiliki daya adaptasi tumbuh sangat baik di beragam lingkungan bahkan dataran tinggi sekalipun. Tanaman daun suji yang bisa dikembangkan dalam pot maupun polibag dengan cara menanam stek batang. Heeem, bila sudah ada tanaman daun suji di depan rumah maka warna hijau pada kue tidaklah lagi memakai pewarna buatan. 

Tinggalkan pewarna buatan, beralihlah ke produk pewarna alami dan bukan imitasi! Daun suji yang bermanfaat sebagai bahan pewarna alami pada aneka adonan resep kue, es krim, makanan dan minuman. Kegunaan air daun suji yang sejak dulu telah dikenal sebagai obat tradisional beragam penyakit. Lalu bagaimana cara membuat ekstraksi daun suji? Berikut adalah resep membuat daun suji cair.  

Beli Daun Suji Di Link Ini

Siapkan 10 gram daun suji segar atau sebanyak 6 hingga 8 helai, pilihlah daun suji yang sudah tua sebagai ciri mengandung pigmen klorofil yang tinggi sehingga saat diblender dengan air akan menghasilkan tingkat kepekatan warna hijau paling baik. Selanjutnya blender daun suji dengan 100 ml air, semakin banyak air yang digunakan maka warna hijau yang didapat dari ekstraksi daun suji akan lebih muda. Wangi daun suji tidak sewangi pandan, hanya tingkat kepekatan warna daun suji jauh lebih baik dibandingkan daun pandan, proses ekstraksi daun suji yang bisa dicampur daun pandan untuk aroma lebih wangi.  .


Manfaat air rebusan daun Suji untuk kesehatan, mulai dari obat sakit gigi, gusi berdarah, sakit perut, mengatasi nyeri lambung, sakit perut, keracunan makanan bahkan hingga mengurangi kadar kolestrol dan mencegah kanker. Bagi Anda pembaca wanita yang sering mengalami nyeri saat masa menstruasi tiba, air rebusan daun suji yang diminum rutin dapat bermanfaat mengurangi rasa nyeri yang ada. Daun suji yang memiliki kandungan polifenol tinggi sebagai antibakteri dan flavonoid guna menghindari radikal bebas dalam tubuh manusia, sehingga bukan hanya untuk obat-obatan, daun suji yang saat ini mulai dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan.