Bubuk Cabe Jangan Dianggap Sepele!

Jangan anggap sepele bubuk cabe! Sepedas rasanya, cabe bubuk yang ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Kabar dari dunia kedokteran, selain diketahui bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan menurunkan kadar gula, bubuk cabe yang bisa menghambat perkembangan virus HIV pada penderita penyakit AIDS.

Bubuk cabe menghambat perkembangan virus HIV? Terapi yang dilakukan dengan mengkonsumsi ekstrak bubuk cabe adalah mampu meningkatkan produksi T-Sel dan interlankin-2, di mana T-Sel dan interlankin-2 dapat menghambat perkembangan virus HIV.


Apa yang terkandung pada tiap satu sendok makan bubuk cabe? Dari ragam sumber, selain capsaicin, tiap satu sendok makan bubuk cabe yang mengandung sekitar 4,8 mg vitamin C, 143,7 mg potasium, 22,7 fosfor, 20,9 mg kalsium, 1,1 mg zat besi, 0,2 seng, dan 0.5 mcg selenium.  Kandungan capsaicin pada bubuk cabe yang berfungsi meningkatkan metabolisme pada tubuh dan kaitannya untuk kestabilan berat badan.  

Mungkin tidak lazim, namun manfaat bubuk cabe untuk mengatasi masalah kerontokan pada rambut dan juga kebotakan. Caranya adalah dengan mencampurkan bubuk cabe dengan minyak zaitun dan dioleskan pada bagian kepala dan rambut. Kurang lancarnya peredaran darah merupakan penyebab kerontokan pada rambut dan kebotakan. 

Ingin jantung Anda sehat? Banyak makan cabe diantaranya! Dikutip dari Daily Mail, penelitian yang dilakukan oleh Dokter Zhen Yu Chen dari Chinese University of Hongkong, pada cabe terkandung zat capsaicinoid yang bermanfaat menurunkan kadar kolestrol, menjaga tekanan dan menyehatkan pembuluh darah sehingga baik untuk kesehatan jantung Anda. Kandungan capsaicinoid pada cabe membuat sel-sel yang melapisi bagian pembuluh darah mengeluarkan nitrat oksida guna mengurangi tekanan pada pembuluh darah. 

Bukan hanya sekedar rempah bumbu masak, di Meksiko, bubuk cabe sebagai bahan kue bersama coklat, Mexican Chocolate Cake. Namun hati-hati, mengkonsumsi cabe bubuk secara berlebihan selain berpotensi menyebabkan sakit perut juga rasa terbakar pada mulut dan tenggorokan. Baca juga manfaat bumbu rempah lainnya, Bubuk Kayu Manis Bumbu Dapur Sehat.