Pengganti Manisnya Gula Pada Bubur Bayi

Anjuran bagi para ibu cerdas untuk memperhatikan kandungan pada setiap produk makanan instant seperti bubur dan juga susu bayi guna memenuhi kebutuhan gizi sang buah hati. Selain pemberian ASI atau air susu ibu, akan lebih baik bila ibu meluangkan waktu dan menyiapkan sendiri aneka resep makanan untuk balita tercinta. Pengetahuan dari situs Homemade Baby Food Recipes, produk makanan dan susu mengandung gula yang sebaiknya dihindari untuk diberikan bagi bayi.

Pengetahuan lainnya dari situs The Health Site, Why Sugar Is Very Bad for Babies? Gula sebagai perasa bahan pangan yang sebaiknya dihindari sebagai pemanis makanan baik pada bubur ataupun susu bayi. Gula sebagai pemanis pada makanan khususnya bubur yang dikonsumsi bayi berusia 1 tahun ke bawah memiliki resiko menurunkan kekebalan tubuh pada bayi sehingga bayi mudah terserang penyakit. 

Bayi yang juga akan memiliki resiko penyakit jantung saat tumbuh dewasa bilamana dibiasakan mengkonsumsi makanan dan juga susu mengandung pemanis gula. Kecerdasan otak dan tingkat konsentransi anak yang tidak optimal apabila sudah diberikan asupan makanan mengandung gula sedari bayi. 


Berikut adalah beberapa bahan pangan alami yang bisa dipertimbangkan sebagai pengganti manisnya gula pada bubur bayi, di mana pemberian ASI atau Air Susu Ibu adalah dianjurkan tetap menjadi hal utama. Buah pisang yang ternyata bisa diberikan sebagai bahan pemanis pengganti gula pada bubur bayi. Pisang yang dapat dicampurkan sebagai pemanis pada bubur bayi bersama daging dan sayur-sayuran.

Ada juga buah apel dalam bentuk saus yang direkomendasikan sebagai pengganti manisnya gula pada bubur bayi hingga buah pir dan ubi jalar baik yang berwarna ungu maupun coklat yang baik untuk bayi. Tidak ketinggalan wortel dan juga buah ceri yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh bayi, termasuk buah vanilla alami dalam bentuk vanilla bubuk organik sebagai pengganti manisnya gula pada bubur bayi.

Pengetahuan ubi jalar, ubi jalar, sweet potato atau yang juga dikenal dengan nama ketela rambat, bahan pangan ini kaya akan sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, selain lezat dikonsumsi, olahan pangan ubi jalar dalam bentuk tepung kue ternyata bermanfaat untuk kesehatan khususnya penderita diabetes. Tepung ubi jalar yang dapat menghemat penggunaan gula hingga 20% bila dijadikan sebagai bahan adonan dan direkomendasikan sebagai bahan pangan untuk bubur bayi.