Ternyata Kentang Bahan Tepung Sehat!

Ternyata kentang bahan tepung sehat, tepung kentang atau potato flake, pecinta resep kue donat yang sudah tidak asing lagi tentunya dengan tepung ini, donat kentang, bukan hanya resep kue donat, karena asalnya memang dari kentang, tepung kentang yang bisa sebagai pengganti bahan dasar kentang pada setiap aneka resep kuliner dan makanan sehat. Disebut potato flake karena memang teksturnya tidaklah halus sebagaimana tepung lazimnya.

Penggunaan tepung kentang pada resep masakan yang lebih praktis dibanding kentang segar, tanpa perlu repot mengupas dan mengukus, tiap 1 kilogram tepung kentang atau potato flake yang sama dengan takaran 250 gram kentang segar.
 

Bersumber dari Potatoes USA, kentang segar yang dikeringkan lalu dibuat tepung telah dapat menghemat banyak uang dan waktu pada setiap olahan masakan. Tepung kentang kering yang tidak busuk pada saat penyimpanan sebagaimana kentang segar, dan ini sangat membantu bagi industri makanan seperti roti dan kue hingga restoran bahkan perusahaan kapal pesiar. 

Selain lebih praktis dan hemat dalam pemakaian sebagai bahan pangan untuk olahan kue dan masakan, keunggulan lain tepung kentang sebagaimana ulasan Sandi Busch pada livestrong.com, tepung kentang merupakan sumber vitamin B yang sangat baik bagi tubuh, disamping itu tepung kentang yang kaya akan protein dan juga serat. 

Tepung kentang mengandung semua vitamin B kecuali vitamin B-12, namun apabila ditambahkan mentega dan susu pada adonan tepung kentang maka akan terkandung vitamin B-12. Menurut Colorado University, tiap satu cangkir tepung kentang memasok 10 persen dari nilai harian vitamin B-6 yang membantu memproduksi sel darah merah normal dan mensintesis insulin dan hemoglobin.  

 
Berapa lama mutu tepung kentang dapat bertahan? Tepung kentang atau potato flakes yang memiliki masa kadaluarsa cukup lama bila disimpan dengan baik dan benar. Pengetahuan dari Happy Preppers, tepung kentang yang tahan selama 25 tahun bila disimpan dalam wadah kaleng, tepung kentang yang tahan selama 15 tahun bila disimpan dalam kemasan aluminium foil, kemudian bila tepung kentang disimpan dalam wadah plastik dan dimasukkan kulkas maka potato flakes dapat tahan selama 1 tahun.

Banyak resep menggunakan tepung kentang hingga fungsinya sebagai pengental saus dan campuran tepung lainnya pada resep ayam goreng atau fried chicken. Ingin tahu umbi pangan lainnya sebagai bahan tepung? Baca juga Ubi Jalar Bahan Tepung Sehat.