Hidup Sehat Alami Ala Es Krim Vanila Nan Lezat!

Batal menikmati kelezatan es krim vanila disebabkan kesan kotor titik hitam pada es krim tersaji? Jangan berpikir macam-macam dahulu sebaiknya, bisa jadi titik hitam itu berasal dari biji buah vanila beans yang memang biasa dijadikan sebagai bahan perasa atau flavor alami bagi para pecinta es krim. Lebih banyak dikenal di Indonesia saat ini es krim buatan pabrik dibandingkan es krim alami yang dalam proses pembuatannya tidak menggunakan bahan pengawet, bahan pewarna dan bahan perasa buatan.

Bagi para pecinta es krim vanilla, titik hitam dimaksud sebenarnya ialah berasal dari biji buah vanila yang memang berwarna hitam dan biasa disebut dengan black specks ataupun black dot. Buah vanila yang dipanen dalam tingkat kematangan yang cukup, kemudian juga dikeringkan dengan cara pengeringan yang benar maka akan menghasilkan biji buah vanila dalam jumlah banyak dan bisa dimanfaatkan sebagai bahan perasa alami baik pada makanan ataupun resep minuman. 

Adalah cukup mudah dan tidak sulit untuk memanfaatkan biji bagian dalam daripada buah vanilla, hanya dengan sayat melintang buah vanila kering yang bisa didapat pada toko kue, supermarket dan banyak juga dijual secara online sekarang. Biji dari buah vanila ini yang dari penjelasan situs livescience.com untuk selanjutnya dicampurkan pada bahan adonan es krim dan susu saat pembuatan es krim vanila alami. Pasta dan sirup vanilla yang juga bisa dibuat dari buah vanilla beans.  


Namun tetap berhati-hati, penjelasan yang masih bersumber dari situs livescience.com, es krim yang memiliki tekstur titik hitam atau black specks saat penyajian adalah belum tentu menjamin es krim dengan perasa vanilla alami, mulai banyak beredar produk flavor vanila imitasi saat ini yang apabila dimanfaatkan pada resep makanan ataupun minuman juga akan meninggalkan titik hitam yang sama persis dengan penggunaan buah vanila alami. Ulah nakal ini terjadi untuk mendapatkan keuntungan pastinya, terlebih ongkos icip-icip es krim vanila alami atau yang biasa disebut juga dengan es krim sehat adalah lebih mahal dibandingkan icip-icip es krim buatan pabrik. Harga flavor vanilla imitasi adalah jauh lebih murah dibandingkan harga buah vanilla alami. 


Es Krim Vanilla Favorit Dunia

Membuat Es Krim Vanilla Wangi

Mengkonsumsi es krim vanilla alami sama artinya dengan mengkonsumsi es krim sehat? Buah vanila alami adalah kaya akan kandungan antioksidan, selain itu buah vanila kering sejak dahulu telah dikenal sebagai rempah obat-obatan, banyak artikel juga menuliskan manfaat buah vanila alami mulai dari mengatasi depresi, aroma terapi hingga obat sakit gigi. 

Buah Vanilla Beans, Vanili Batangan, Vanili Stick

Tips membeli buah vanila kering berkualitas atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan gourmet vanilla bean, vanilla pods dan vanilla stick, buah vanila tidak akan patah saat dilingkarkan ke jari tangan, berwarna cokelat kehitaman dan teksturnya berminyak atau biasa disebut dengan istilah oily. Buah vanila yang bertekstur terlampau kering akan jauh lebih sulit saat hendak disayat melintang dan dimanfaatkan biji bagian dalamnya. Baca juga Buah Vanilla Obat Sakit Gigi Alami. 

Buku menarik yang wajib dibaca seputar dunia es krim, Old Fashioned Homemade Ice Cream yang ditulis oleh Thomas R. Quinn, yaitu manfaat buah vanilla baik yang berupa batangan atau vanilla stick dan juga berupa bubuk atau ground vanilla powder sebagai flavor atau perasa pada resep es krim. Cukup dengan takaran 1 sendok vanilla bubuk alami dibuat dari buah vanilla bean yang dihaluskan maka dapat memberikan aroma pada es krim sama dengan takaran 2 sendok makan penggunaan ekstrak vanilla.