Lezatnya Keripik Pisang Tanduk

Manfaat cemilan kue kering sehat berupa keripik pisang, keripik pisang adalah jenis makanan yang kaya akan kandungan kalium, di mana sebagaimana yang Kita ketahui bila Kalium berfungsi mencegah hipertensi dan membersihkan karbondioksida dalam darah, Kalium pun juga berfungsi memacu kerja otot dan simpul syaraf sehingga mempercepat penyaluran oksigen ke otak. Jenis pisang tanduk sebagai pisang untuk bahan cemilan keripik.

Pengetahuan seputar pisang Tanduk bersumber daripada situs Wikipedia, pisang Tanduk konon merupakan jenis pisang tropis yang menjadi favorit dunia, di mana pisang ini dikenal juga dengan nama pisang Byar di Indonesia. Tidak hanya dibudidayakan di Indonesia, pisang Tanduk juga banyak dibudidayakan di negara lainnya di dunia, seperti di Filipina misalnya di mana pisang Tanduk dikenal dengan nama Tindok, kemudian di Thailand di mana pisang Tanduk dikenal dengan nama Kluai Nga Chang. Pisang Tanduk pun menjadi sumber pangan penting khususnya bagi masyarakat di India, Afrika serta Amerika Tengah sebagaimana informasi yang bersumber daripada situs Heqris.


Ciri khas pisang Tanduk adalah daging buahnya yang berwarna putih dan terasa kelezatan yang berbeda manakala diolah sebagai pisang goreng terlebih lagi keripik pisang. Informasi menarik lainnya yang bersumber daripada situs foragri.wordpress.com tentang pisang Tanduk, dikarenakan ukurannya yang terbilang besar sehingga menjadikan harga jual komoditas pisang ini juga terbilang tinggi dibandingkan jenis pisang lainnya dan keberadaannya terbatas di Indonesia. Pisang Tanduk pun juga memang dikenal cocok untuk dijadikan sebagai bahan keripik pisang bersama beberapa jenis pisang lainnya seperti pisang Ambon dan pisang Kepok Kuning.      


Bersumber daripada web situshijau.co.id, ciri khas pisang Tanduk adalah buahnya berukuran besar dengan panjang lebih dari 20 cm.  Kulit buah pisang yang tebal dan berwarna kuning kemerahan berbintik hitam. Daging buah pisang yang sudah matang akan berwarna putih kemerahan.  Dalam satu tandan pohon pisang Tanduk terdapat hanya sekitar 1-3 sisir (satu sisir terdiri dari 10-15 buah) dengan berat per tandan 7 hingga 10 kg.