Kelezatan Kue Sus Vanilla Ala Jepang

Bagi para pembaca pecinta pastry, tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis kue yang dikenal dengan nama kue sus, namun bagaimana dengan kue sus ala Jepang yang dikenal dengan nama Shu Crème atau Japanese Cream Puff? Kue sus ala Jepang yang konon akan lebih terasa nikmat dan lezat dengan penggunaan vanilla bean asli pada krim sus yang dibuat, Vanilla Cream Puff. 

Bersumber dari situs Lezat Grup, sejarah kue sus diyakini bermula dari negara Prancis dengan adonan bahan dasar yaitu cream puff yang ada di Italia. Kue sus juga dikenal dalam bahasa Prancis yang disebut dengan choux à la crème ataupun choux pastry. Penamaan  sus sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu soes, kue berbentuk bundar dengan rongga bisa berisikan vla, custard ataupun daging. Biasanya, kue sus yang berisikan vla atau custard adalah harus didinginkan dalam kulkas terlebih dahulu sebelum disajikan. Penyebabnya tidak lain dikarenakan vla atau custard yang berbahan baku susu adalah mudah untuk basi.

    Tidak hanya vla vanilla yang menjadi favorit flavor pada krim sus, beberapa bahan dasar lain seperti green tea, Rhum dan Mocca ataupun cokelat adalah bisa menciptakan sensasi kelezatan rasa tersendiri pada krim sus yang dibuat. Khusus untuk sus vla vanilla, penggunaan vanilla bean asli sebagai krim sus akan menciptakan garnish berupa titik hitam yang menandakan ciri natural ingredients pada resep kue sus yang dibuat. 


    Resep Cupcake Rasa Vanilla

    Resep Es Krim Vanilla Agar Harum


    Vanili Batangan, Vanilla Bean, Vanila Stick

    Penggunaan batang vanili alami pada resep kue dengan mengeluarkan biji bagian dalamnya, ataupun mengubahnya ke dalam bentuk resep saus vanili, resep sirup vanili, resep ekstrak vanili ataupun resep pasta vanili. Sebagaimana kegunaan vanili sebagai bahan pewangi dan pengharum kue. Berikutnya adalah kumpulan resep kue vanili, bagaimana cara membuat saus vanili, saus vanili yang biasa disebut juga dengan vla vanilla.


    Cara membuat saus vanili sebagaimana bersumber dari situs Hobi Masak, 200 ml susu cair, 200 ml grade, 2 buah kuning telur, 3 sendok makan gula pasir dan 2 sendok teh tepung Maizena dan batang vanili yang dikeluarkan biji bagian dalamnya. Didihkan susu cair sembari memasukkan biji batang vanili dan juga kulit batangnya. Setelah mendidih maka biarkan dahulu selama 5 menit dan kulit batang vanilla bean diangkat.


    Masukkan kuning telur, gula pasir dan tepung Maizena, beri tambahan adonan susu pada panci secukupnya dan kocok hingga merata. Masak kembali di atas api kecil sembari dilakukan pengadukan hingga saus mengental. Campur jadi satu kuning telur, gula pasir dan tepung maizena, beri tambahan adonan susu dan panci secukupnya, kocok rata, masukkan dalam adonan susu, masak kembali di atas api kecil sambil terus diaduk hingga saus mengental. Batang vanili alami pada segala macam jenis resep kue, mulai dari cupcake vanili, kue sus hingga aneka resep kue kering vanili.