Kayu Manis, Mulai Bahan Kue Hingga Perawatan Tubuh

Bagi ibu-ibu yang gemar memasak ataupun hobi dalam membuat kue barangkali sudah tidak asing lagi dengan aneka jenis kue dan resep masakan berikut, mulai dari kue kering kayu manis dengan taburan kayu manis bubuk yang melezatkan, cinnamon roll atau roti yang dalam pembuatannya diolesi bubuk kayu manis lalu kemudian diberikan topping kismis, dan masih banyak resep kue dan masakan lezat lainnya yang dapat tercipta dengan bahan utama kayu manis.

Agar lebih mudah dalam pemanfaatan, kayu manis yang awalnya didapat dari kulit batang pohon kayu manis sehingga lebih banyak dijual dalam bentuk batangan, telah tersedia rempah kayu manis saat ini yang dijual dalam bentuk bubuk, Ground Cinnamon Powder atau yang biasa dikenal di Indonesia dengan istilah bubuk kayu manis, kulit batang pohon kayu manis yang digrinder sampai halus tanpa campuran apapun sehingga menciptakan aroma kayu manis yang begitu kuat. 

    Tidak perlu terlampau banyak pemberian bubuk kayu manis pada resep baking biasanya dikarenakan aromanya yang kuat, seperti pada resep kue kering kayu manis yang umumnya hanya diperlukan 1 sendok teh kayu manis bubuk dalam penggunaan. Info lebih lengkap pada Resep Kue Sehat Dari Bubuk Kayu Manis  
      

    Tidak hanya bermanfaat sebagai bahan kue ataupun bumbu rempah pada resep masakan, bubuk kayumanis yang ternyata bermanfaat dan mulai banyak digunakan saat ini untuk perawatan tubuh, mulai dari pemanfaatan bubuk kayu manis yang dicampur dengan bahan lainnya seperti garam, minyak zaitun dan madu sebagai natural body scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati sebagaimana manfaat buah vanilla, hingga bubuk kayu manis dicampur madu sebagai masker penyubur rambut dan masker anti jerawat. Scrub dari bubuk kayumanis yang cara pembuatannya dapat dilihat pada link  Video Cinnamon Sugar Scrub
    Natural Body Scrub dengan bahan rempah kayu manis atau cinnamon body scrub, disarankan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter kecantikan bilamana berkeinginan menggunakan bubuk kayu manis untuk perawatan tubuh khususnya bagi yang memiliki kulit sensitif. Huffington Post membahasnya tentang perawatan kecantikan alami dengan bahan rempah kayumanis pada artikelnya yang berjudul 5 Surprising Uses For Cinnamon.


    Tahukah pembaca apa yang menjadi rahasia senyuman maut dari bibir seksi Angelina Joli? Senyuman yang akhirnya menjadikan Brad Pitt pun jatuh hati padanya. Rahasianya adalah bubuk kayumanis yang dioleskan secara rutin pada bibir dengan vaseline. Demikian juga dengan rahasia kayumanis lainnya untuk mengatasi jerawat pada wajah dengan campuran madu alami, caranya adalah dengan mencampur 3 sendok makan madu dengan satu sendok makan kayu manis.

    Rambut rontok adalah masalah mengerikan pada hampir sebagian wanita, tidak perlu khawatir lagi sekarang, bubuk kayumanis yang dari hasil penelitian dapat mengatasi permasalahan rambut rontok dengan menjadikannya sebagai bahan pada pembuatan masker rambut. Caranya adalah 2 sendok makan bubuk kayu manis dan madu yang dicampurkan dengan minyak zaitun dan telur sebagai masker rambut. 

    Minuman bubuk kayu manis yang ampuh untuk menurunkan berat badan? Dari ragam sumber, satu sendok teh bubuk kayu manis yang dicampurkan pada satu gelas air mendidih dan ditambah satu sendok makan madu adalah bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Minuman bubuk kayu manis yang dianjurkan dikonsumsi setiap 2 kali sehari sebagai minuman diet sehat dengan diimbangi olahraga teratur dan pola makan tidak berlebihan. Semoga bermanfaat.