Resep Ekstrak Vanili Halal

Pengetahuan resep dari situs Bulk Herb Store, cara membuat ekstrak vanili dengan larutan vegetable glycerin sebagai bahan substitusi atau pengganti alkohol. Produk vanilla extract yang bebas alkohol sehingga dapat lebih terjamin kehalalannya, terlebih bilamana Kita dapat membuatnya sendiri. Tidaklah sulit cara membuat ekstrak buah vanilla, termasuk bahan-bahannya yang mudah didapat seperti vanilla stick batangan dan vegetable glycerin. 

 

Bahan yang perlu disiapkan adalah 250 gram vegetable glycerin food grade. Resep asli pada situs Bulk Herb Store, setiap 500 gram vegetable glycerin diperlukan sebanyak 8 (delapan) batang buah vanilla bean stick, sehingga untuk 250 gram vegetable glycerin hanya mempergunakan  sebanyak 4 (empat) batang vanilla bean stick saja. Satu batang buah vanilla beans memiliki berat antara 3 hingga 5 gram. Tampak gambar di bawah terkait bahan dan peralatan yang diperlukan untuk membuat resep ekstrak vanili halal dengan vegetable glycerin.

 

Sayat melintang batang vanilla bean stick dan keluarkan biji hitam yang ada di bagian dalamnya. Tuangkan sedikit vegetable glycerin ke dalam mangkok untuk lebih memudahkan ketika hendak mencampurkan biji hitam vanilla bean ke dalam larutan vegetable glycerin. Vegetable glycerin yang digunakan adalah yang biasa dipergunakan pada bahan makanan (food grade), kemudian apabila Kita mencicipi larutan ini adalah terasa sedikit manis seperti sirup jagung atau corn syrup.

    Setelah biji hitam buah vanilla stick batangan bercampur dengan vegetable glycerin, aduk terlebih dahulu hingga menyatu. Sesudahnya masukkan mangkok yang berisikan campuran biji hitam vanilla bean stick batangan dan vegetable glycerin ke dalam botol plastik yang juga berisikan sisa vegetable glycerin dengan bantuan corong. Kulit batang vanilla bean jangan dibuang, kulit batang vanilla bean juga bisa ikut dimasukkan ke dalam botol plastik. 

    \
      Setelah rangkaian proses di atas selesai maka tutup botol plastik, kocok botol agar campuran larutan vegetable glycerin dan vanilla bean menyatu kemudian biarkan selama 6 (enam) minggu sebagaimana penjelasan pada situs Bulk Herb Store. Simpan botol plastik berisikan buah vanilla bean dan vegetable glycerin pada tempat yang terlindungi dari sinar matahari seperti lemari makanan misalnya, kemudian jangan buka tutup botol jika belum 6 (enam) minggu, perkembangan pada minggu pertama di mana aroma vanilla menyerupai merek produk pasta vanilla yang banyak beredar di pasaran mulai tercium dari dalam botol.


      Sebuah informasi menarik lainnya yang didapat dari situs Gourmet Sleuth, membahas tentang Glycerin, pemanfaatan glycerin baik itu gliserin nabati ataupun gliserin hewani dalam resep makanan tak ubahnya seperti sirup pada proses pembuatan permen, menjaga kelembapan dan meningkatkan rasa manis, food grade glycerin demikian istilah bagi gliserin yang diperuntukkan sebagai bahan kue dan resep makanan.

      Kemudian bagi pembaca yang memiliki kerabat, sanak saudara ataupun rekan yang hobi memancing ikan, aroma ekstrak vanili yang dicampurkan pada adonan umpan mancing ikan menjadikan umpan ikan akan lebih disukai untuk dimakan ikan. Bahkan saat ini beberapa produk umpan ikan yang dijual di pasaran juga mulai menjadikan essential, ekstrak ataupun oil aroma sebaai bahan dalam proses pembuatannya. 

      Bersumber dari situs Departemen Kesehatan, buah vanilla kering yang dipotong-potong kecil dan direndam pada segelas air matang panas, setelah didinginkan kemudian disaring maka apabila diminum akan sangat bermanfaat sebagai obat pusing atau sakit kepala. Buah, batang dan daun Vanilla mengandung vanillin, saponin serta polifenol.   

      Buah Vanili Kering Berupa Batangan dan Bubuk 
      Rekomendasi pemesanan vanilla batangan dan juga bubuk,


      Kantin Organik

      Hasil penelitian di laboratorium belum lama ini menyatakan bahwa vanillin dapat menjadi semacam anti kanker dan bahkan menghentikan pertumbuhan sel daripada kanker itu sendiri. Masih tentang vanillin yang terkandung dalam vanilla, hasil penelitian itu ternyata juga menunjukkan bila vanillin memiliki aktivitas antioksidan yang dapat mengimbangi beberapa kerusakan oksidatif pada penderita penyakit seperti Alzheimer, Health Benefits of Vanilla Beans. 

      Polifenol merupakan antioksidan jenis bioflavonoid yang 100 kali lebih efektif dari vitamin C dan 25 kali dari vitamin E, manfaat Polifenol diantaranya adalah menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan dan kadar gula darah, membantu kerja ginjal dan mencegah terjadinya batu empedu, memperlancar pencernaan, melarutkan lemak dan mencegah kolesterol jahat. Sebagaimana pengetahuan yang bersumber dari Dechacare. Lalu bagaimana dengan Saponin? Saponin sendiri dari penelusuran penulis memiliki manfaat sebagai antikanker, menurunkan kolestrol dan meningkatkan daya tahan tubuh.   

      Menurut pustaka obat-obatan kuno, buah vanilla juga dapat digunakan untuk meningkatkan vitalalitas dan pengobatan influensa. Meski belum dibuktikan secara ilmiah pada kenyataannya buah Vanilla dapat meningkatkan kadar catecholamines (termasuk epinephrine yang lebih dikenal sebagai adrenaline) dan dapat digunakan sebagai bahan adiktif menengah. Minyak vanili dan vanilin sering pula digunakan sebagai aromatherapy.