Ada Tepung Jomblo Dari Ubi Ungu

Berwarna ungu, tepung ini bisa disebut tepung jomblo, menarik untuk diketahui, terlebih dengan warna ungu jomblo pada tepung ini yang membuat penasaran, apakah jika tepung ini dijadikan bahan kue juga dapat menjadi pewarna alami? Kemudian dari manakah warna ungu jomblo pada tepung ini berasal?

Ubi jalar adalah bahan dasar pembuatan tepung ungu, dan tanaman ubi jalar sendiri ternyata terbagi menjadi beberapa varietas untuk warna umbi yang dihasilkannya, mulai dari ubi jalar ungu, ubi jalar putih, ubi jalar coklat dan ubi jalar kuning. Ubi jalar varietas ungu yang menciptakan warna ungu jomblo jika dijadikan sebagai bahan pembuatan tepung. 

Ubi jalar atau yang lebih sering disebut dengan ketela rambat dengan nama latin Ipomoea batatas L, adapun teko Ungu adalah julukan lain untuk tepung ungu yang dikenal dalam bahasa Jawa. Kemudian banyak orang mengenal juga ubi jalar ungu sebagai ubi Jepang ataupun Purple Rice Powder sebagai istilah dalam bahasa Inggris. 


Bersumber dari situs PKPP Kemenristek RI, ubi jalar ungu dari sisi harga adalah lebih mahal dibandingkan variteas ubi jalar biasa yang berwarna putih ataupun kuning. Ubi jalar ungu diketahui kaya akan antosianin dan dapat berperan sebagai fungsional food dan zat pewarna alami bagi bahan kue dan makanan. Khusus ubi jalar Ungu dari Jepang di mana terbagi lagi menjadi beberapa varietas diantaranya ubi jalar ungu varietas Ayamurasaki yang paling dikenal.
Cara membuat tepung jomblo dari ubi jalar ungu? Bersumber dari situs Departemen Pertanian tentang cara membuat tepung ungu dari tanaman ubi jalar, umbi hasil panen tanaman ubi ungu dicuci, dikupas kulitnya untuk kemudian diiris tipis atau bisa juga diparut secara manual. 

Hasil parutan umbi ubi ungu selanjutnya dikeringkan hingga mencapai kadar air sekitar 7%, hasil parutan yang sudah kering inilah yang selanjutnya digiling hingga menjadi tepung ungu. Kemudian untuk menghasilkan kualitas tepung ungu yang baik, sebelum dijemur, sebagaimana penjelasan situs terkait, parutan umbi ungu sebaiknya direndam terlebih dahulu dalam larutan Na metabisulfit, daya tahan tepung ungu dengan penyimpanan yang baik bisa mencapai 1 (satu) tahun. Aneka resep kue dan cake bisa dibuat dengan bahan tepung ungu ini, mulai dari kue semprit, bagelen, lapis susu hingga cake ubi ungu itu sendiri.

Tepung ungu merupakan bahan resep kue sehat, dikutip dari Kompas, penelitian yang dilakukan oleh seorang ilmuwan Amerika bernama Soyoung Lim dari Universitas Arkansas, pigmen warna dalam ubi ungu mengandung antosianin yang dapat menurunkan risiko kanker dan bahkan memperlambat beberapa jenis penyakit. Antosianin yang menghasilkan warna merah, biru atau ungu pada berbagai jenis bahan makanan yang bisa juga ditemukan pada blueberry, anggur, tomat, terong dan kol di mana antosianin pada ubi ungu adalah memiliki konsentrasi tertinggi. 

Ubi ungu juga memiliki nilai indeks glikemik yang rendah sehingga cocok untuk penderita diabetes atau orang yang sedang diet agar bisa menahan lapar lebih lama. Kandungan vitamin C dalam ubi ungu juga cukup tinggi dan jenis protein ubi ungu termasuk yang mudah dicerna dengan  daya serap tinggi. Ubi ungu juga mengandung prebiotik yaitu oligosakarida yang penting sebagai makanan bagi kuman baik yang ada di dalam tubuh.

Membuat bubur bayi sehat sebagai makanan pendamping ASI dari ubi ungu? Kandungan karbohidrat pada ubi ungu menjadikan umbi ubi ini direkomendasikan sebagai bahan makanan pendamping ASI bagi bayi. Tidak hanya itu, bagi ibu hamil juga dianjurkan untuk mengkonsumsi ubi ungu. Bersumber dari situs Khasiat, ubi ungu adalah prebiotik bagi ibu hamil, dan khusus bagi bayi, serat ubi ungu akan mengubah mikroba yang membentuk antibodi yang baik untuk menjaga kesehatan serta membantu pertumbuhan bayi dan anak-anak. Ubi ungu yang bermanfaat mengurangi rasa mual bagi ibu yang sedang mengandung.

Bagaimana jika ubi ungu bisa dibuat sebagai masker kecantikan? Informasi yang didapat dari kumpulan artikel tentang kesehatan Indonesia, kandungan antioksidan pada ubi ungu dapat membantu mencerahkan kulit dan menjaganya dari radikal bebas. Menurut Anne Kania Dewi, herbalis kecantikan, konsumsi ubi ungu akan membantu kulit menjadi cerah, karena ubi ungu memiliki vitamin C clan betakaroten sebagai antioksidan yang memperbaiki sel-sel kulit mati dari dalam. Sementara kandungan zat besi dalam ubi ungu akan menambah hemoglobin, menambah oksigen dalam darah, sehingga membuat kulit tampak segar dan merona.   

Cara membuat masker dari ubi ungu? Tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan tepung ubi ungu, cuci bersih terlebih dahulu umbi ubi ungu dan mengupas kulitnya kemudian diparut. Selanjutnya hasil parutan umbi ubi ungu dioleskan merata pada wajah dan diamkan selama 40 menit sebelum dibasuh dengan air. Tingginya vitamin C dalam ubi ungu akan menghasilkan kolagen yang akan menjaga elastisitas kulit, sehingga ubi ungu pun dapat dijadikan sebagai bahan lulur alami. Ingin tahu bahan makanan sehat lainnya bagi ibu menyusui dan juga bayi? Silahkan baca Makanan Bayi Sehat Dengan Aroma Vanilla dan Manfaat Tepung Hunkwe Untuk Bubur Bayi.