Gadung, Tepung Kue Dari Tanaman Beracun

Gadung, umbi tanaman ini yang beracun, namun bila Kita hati-hati dalam mengolahnya, umbi gadung yang sebenarnya lezat sebagai cemilan keripik, bahan resep kue sehat berupa tepung gadung, pengganti makanan pokok nasi, minuman dan juga obat herbal untuk kesehatan. Dioscorea hispida Dennst, nama latin tanaman gadung yang di Indonesia memiliki ragam sebutan bahasa seperti sikapa di Makassar, salapa di Bugis, kapak di Sasak, bitule di Gorontalo dan gadu di Bima.  


Gadung tanaman yang beracun, pada umbi gadung terdapat zat alkaloid beracun disebut HCN dan dioscorin yang bisa menyebabkan pusing, rasa mual dan muntah, panas di tenggorokan, berkeringat, penglihatan mata kabur hingga berujung ketidaksadaran. Racun umbi gadung yang bisa menyebabkan kematian pada penderita dalam waktu 6 jam bila tidak lekas ditanggulangi. Selain pemberian air kelapa muda guna mengatasi kasus keracunan akibat umbi gadung, umbi gadung yang harus direndam terlebih dahulu dengan air garam selama beberapa hari guna menghilangkan racunnya apabila ingin diolah sebagai bahan makanan, minuman, obat herbal dan juga tepung kue.  

 
Manfaat umbi gadung untuk bahan tepung kue, disebut juga tepung gadung, pengetahuan yang didapat dari Litbang Pertanian BPTP Nusa Tenggara Barat, umbi gadung yang dapat dibuat tepung sebagai bahan aneka resep kue. Racun pada umbi gadung yang harus dihilangkan dahulu tentunya sebelum dibuat tepung, rangkaian proses pembuatan tepung gadung yang dimulai dari pencucian umbi gadung baru dipanen dengan air bersih dan mengalir, perendaman umbi gadung dengan air garam selama 3 hingga 4 hari, penjemuran umbi gadung di bawah sinar matahari hingga kering dan penghalusan umbi menjadi tepung.

Aneka olahan kue dari tepung gadung sebagaimana pengetahuan yang ada seperti kue bawang, risoles gadung, kue sus tepung gadung, gadung kelapa bakar, bolu kukus dan masih banyak resep kue berbahan tepung gadung lainnya. Penelitian terkait tepung umbi gadung, tepung umbi gadung yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi sebagai bahan pangan alternative, tepung gadung sebagai tepung bebas gluten pengganti tepung terigu. Pengetahuan tentang bahan tepung kue lainnya yang bisa Anda baca juga pada Manfaat Tepung Untuk Bahan Kue dan kenali Tepung Hunkwe Untuk Bahan Kue


Gadung sebagai tanaman obat yang dapat menyembuhkan banyak penyakit seperti diabetes, kusta, gangguan pencernaan, nyeri haid, radang empedu dan rematik atau nyeri sendi. Di Filipina, umbi gadung dikenal dengan nama “Nami” yang bermanfaat untuk bahan deterjen pemutih pakaian. Tanaman gadung yang pertamakali ditemukan di daratan Cina Selatan dan India hingga terus menyebar keberadaannya ke asia tenggara. Di Malaysia, tanaman gadung yang disebut juga dengan nama ubi arak, umbi gadung yang memang bisa dimanfaatkan sebagai  bahan pembuat minuman arak. Di Thailand, umbi gadung yang diyakini kaya akan fitokimia beta karoten dan diosgenin untuk memperbesar payudara wanita.