Mengenal Tepung sebagai Bahan Kue

Tepung, bagian teramat penting pada proses pembuatan resep kue sebagai bahan kue yang tidak bisa diabaikan. Bagi para bakers, bahan kue berupa tepung akan sangat membantu pada saat penyiapan tekstur dasar kue dan juga pembuatan lapisan kue. 

Bersumber daripada web Food Services Warehouse, selain kandungan protein pada tepung yang menjadikan kue bernilai gizi, tepung pun memberikan kontribusi pada rasa kue. Bagi orang awam barangkali tepung yang Kita kenal sebagai bahan kue adalah hanya sebatas tepung terigu, padahal, bila menyesuaikan dengan resep kue di mana tepung sendiri banyak jenisnya.

Pengertian tepung terigu itu sendiri adalah tepung yang terbuat dari gandum, di mana tepung juga bisa terbuat dari bahan lainnya seperti tepung tapioka yang terbuat dari singkong, tepung maizena dari jagung termasuk tepung yang terbuat dari bahan hewani seperti tepung tulang dan tepung ikan.

Bersumber daripada web Whats Cooking America, tepung yang biasa digunakan sebagai bahan kue pada umumnya memang adalah tepung yang terbuat dari gandum, namun tetap untuk menciptakan kelezatan kue sesuai dengan resepnya maka pemilihan jenis tepung haruslah tepat dan menjadi perhatian para bakers sebagaimana resep kue yang ada. Simpanlah tepung dengan baik sebagai bahan kue dalam suatu wadah tertutup dan lemari, cara penyimpanan tepung yang baik akan menjadikan tepung memiliki daya tahan hingga 8 bulan. Tepung berdasarkan resep kue diantaranya adalah,

Tepung roti atau yang biasa disebut dengan Bread Flour, tepung ini berwarna putih dan terbuat dari gandum yang mana kaya akan kandungan protein. Pada tepung roti terkandung 12% hingga 14% protein dan menjadi pilihan terbaik untuk produk ragi.  

Tepung Buckwheat atau yang biasa disebut dengan Buckwheat Flour, tepung ini biasa juga disebut dengan tepung Sarasin sebagaimana informasi yang bersumber daripada web Mely Cakes. Tepung yang terbuat dari gandum hitam dan tidak mengandung gluten, tepung bebas gluten, inilah yang menjadikan mengapa tepung ini direkomendasikan sebagai bahan kue bagi yang sensitif gluten ataupun penyakit celiac.

Tepung Beras atau yang biasa disebut dengan Rice Flour, dari penamaannya maka sudah barang tentu di mana tepung ini terbuat daripada beras yang digiling halus. Tepung yang dinamakan juga Mochiko di Jepang ataupun Pirinc Unu di Turki.  

Tepung Semolina atau yang biasa disebut dengan Semolina Flour, jenis tepung ini adalah tepung yang biasa dipergunakan pada resep pembuatan puding di mana terbuat dari jenis gandum durum sebagai jenis gandum yang terbilang sulit ditanam. Tepung ini dikenal juga tinggi akan kandungan gluten. 

Pengertian gluten pada tepung dan mengapa tepung bebas gluten atau gluten free begitu digemari oleh para ibu pecinta bahan kue sehat? Penjelasan yang didapat dari Kompas, gluten sebenarnya merupakan jenis protein yang terkandung pada bahan makanan berupa tepung dan gandum. Tingkat kandungan gluten pada bahan makanan pun beragam, ada yang tinggi, sedang dan rendah. Gluten sendiri sebenarnya memiliki peran sebagai bahan proses pembuatan roti, untuk membuat roti dibutuhkan gluten kuat dengan sifat dominan elastis, ketika adonan roti digiling, tepung dicampur dengan air untuk membuat adonan dimana protein terhidrasi dan terbentuk gluten, suatu substansi yang memiliki struktur kontinyu dan mempunyai sifat elastis dan tahan lama.

Namun kandungan gluten yang berlebihan pada proses pembuatan makanan juga tidaklah baik, bahkan bagi penderita alergi justru harus berhati-hati pada produk makanan yang dibuat dari bahan tepung dengan kandungan gluten tinggi. Dikutip dari Femina tentang Gluten, gluten sendiri sebenarnya merupakan bagian komponen gizi, namun akan bermasalah jika bahan makanan gluten dikonsumsi oleh orang yang memang alergi terhadap gluten, celiac disease. Ini juga yang menjadikan mengapa para ibu yang bermaksud membuatkan bubur bagi bayi sebaiknya lebih berhati-hati namun juga tidak boleh terlalu takut berlebihan dalam membuatkan bubur bayi dari bahan makanan mengandung gluten. Intinya adalah tidak berlebihan dan sangatlah baik mengetahui kandungan bahan makanan yang bermaksud Kita gunakan. Gluten tidak boleh dikonsumsi bagi penderita alergi celiac disease dan sebaiknya dihindari dengan mencari produk bahan kue dan makanan lain sebagai substitusi. 

Celiac disease sendiri merupakan permasalahan alergi yang sudah diketahui sejak lama dan bukan hanya sekarang ini, sebagaimana informasi yang didapat dari situs The Gluten Free Chef. Celiac disease yang sudah disebutkan pada teks Yunani Kuno sejak tahun 1856 dan diterjemahkan oleh Sydenham Society of England. Seorang dokter di London bernama Samule Gee adalah orang berikutnya yang mempelajari lebih jauh tentang Celiac disease.      

Makanan bebas gluten? Makanan yang dibuat tidak dari bahan tepung terigu, di mana saat ini tepung pun sudah dapat dibuat dari bahan lainnya, sebut saja seperti tepung beras, tepung jagung, tepung sagu aren, tepung ubi dan tepung singkong. Hebatnya lagi, tepung bebas gluten atau gluten free yang saat ini dibuat dan dijual sesuai peruntukkannya, sebagaimana informasi yang didapat dari Parents Indonesia, sekarang ini telah banyak dijual produk bahan makanan yang terbuat dari tepung beras, misalnya untuk produk pasta, dan telah banyak dibuat tepung dengan bebas gluten. Tepung ini sudah dibuat untuk kebutuhan yang berbeda, seperti untuk roti, untuk pastry, untuk serba guna atau all purpose flour. Semoga bermanfaat.