Mengenal Cokelat untuk Bahan Kue

Ragam aneka jenis coklat yang biasa dijadikan bahan pada resep kue sehat. Hasil penelusuran melalui google, terbilang paling mahal dari segi harga adalah jenis cokelat yang dinamakan dengan Couverture Chocolate, cokelat ini adalah cokelat asli yang mengandung lemak cokelat dengan rasa cenderung pahit. Cokelat apa lagi yang bisa dijadikan bahan pada resep kue?

Cokelat couverture yang dapat dikatakan juga termasuk jenis cokelat kelas gourmet dikarenakan kandungan cocoa butter atau lemak cokelat yang terbilang tinggi dalam presentase dibandingkan jenis cokelat lainnya, antara 30 hingga 50%, cocoa butter inilah yang selama ini berperan memberikan tekstur lembut dan lumer di lidah pada cokelat. Bersumber daripasa situs Detik Food, couverture chocolate banyak digunakan untuk membuat kue ataupun praline.     

Berikutnya jenis cokelat yang dinamakan Compound Chocolate, masih termasuk dan terbilang mahal terkait harga cokelat compound walaupun tidak semahal couverture chocolate. Kemudian bilamana couverture chocolate berasa pahit di lidah, berbeda dengan cokelat compound yang cenderung semi sweet.           


Jenis cokelat selanjutnya yang lebih banyak dikenal orang adalah cokelat bubuk atau biasa disebut juga dengan cocoa powder. Pengertian cokelat bubuk dalam bahasa sederhana ialah cokelat yang terbuat bungkil atau ampas biji cokelat yang telah dipisahkan dari lemak cokelatnya, bungkil ini dikeringkan dan digiling halus sehingga menghasilkan dengan apa yang dinamakan tepung cokelat. Dikenal dua cara pembuatan cokelat bubuk untuk menghasilkan produk cokelat sebagai bahan baku kue, pertama yaitu melalui proses natural yang mana cokelat bubuk dibuat dari balok cokelat pahit dengan menghilangkan sebagian besar lemak cokelat hingga tersisa antara 18 hingga 23% kemudian kedua melalui proses dutch.  


Cokelat sebagai bahan kue sehat, hasil penelitian menyatakan dalam cokelat terkandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Bersamaan dengan penemuan dan pemanfaatan rempah vanilla bean, sejak ribuan tahun lalu di mana minuman cokelat pada suku Maya dan suku Aztec adalah jenis minuman yang menjadi bagian penting dari perkembangan budaya kedua suku tersebut. Untuk membuat minuman cokelat, suku Maya menggiling biji kakao menjadi pasta dan mencampurnya dengan air, tepung jagung, cabai dan juga rempah-rempah yang salah satunya adalah vanilla bean.