Mengenal Telur sebagai Bahan Kue

Bersumber daripada web Food Service Warehouse, keberadaan telur sebagai salah satu bahan kue yang seringkali digunakan. Telur ayam adalah yang umumnya digunakan pada resep kue yang dibuat. Untuk setiap satu butir telur ayam adalah memiliki berat rata-rata sekitar 2 ons dengan bagian pada telur yang terdiri dari kuning telur sebagai inti, putih telur dan cangkang telur. Bagian kuning telur dan putih telur merupakan bagian telur yang digunakan baik pada resep pembuatan kue ataupun resep roti.

Fungsi telur pada resep kue dan juga resep roti, telur sebagai bahan kue yang selain dapat menambah citarasa juga meningkatkan nilai gizi pada adonan yang Kita siapkan untuk menjadi kue maupun roti. Selain itu telur juga berpengaruh pada warna kue maupun roti sehingga dapat lebih cerah dan sifat telur yang berfungsi mengentalkan adonan. Kuning telur juga berperan dalam kelembutan kue yang dibuat. Bersumber daripada web Bakery Indonesia, dalam pengolahan pangan, protein putih telur bersifat sebagai pembentukan busa adonan dan mengikat berbagai bahan dasar pangan lainnya seperti terigu yang digunakan pada adonan kue. 

Manfaat telur untuk kesehatan manusia? Resep kue sedap, resep kue sehat tentunya. Dalam telur adalah terkandung banyak protein, asam amino, vitamin dan mineral. Kuning telur sebagai bagian resep kue pada adonan adalah kaya kandungan antioksidan lutein yang bermanfaat untuk melawan kerusakan retina mata. Kuning telur juga bisa meningkatkan daya ingat karena memberikan 300 mcg kolin. Demikian juga dengan putih telur yang memiliki kemampuan mengingkat bakteri E.coli yang berbahaya.