Saatnya Peduli Bahan Kue Kita

Sebuah informasi yang semoga dapat memberikan manfaat bagi para pembaca yang peduli terhadap kehalalan segala sesuatu yang dibuat untuk dikonsumsi ataupun dipakai pada kehidupan keseharian Kita, baik itu berupa produk makanan, minuman, penyedap rasa kue, daging ternak, kosmetika dan lainnya sebagainya. Fakta, Alkohol Masih Tersisa Saat Dimasak!

Informasi yang didapat dari situs Halalnesia dan jaringan millis komunitas halal lainnya, sebuah judul yang menarik pada salah satu posting di komunitas tersebut, Fakta: Alkohol Masih Tersisa Saat Dimasak! Pendapat kebanyakan orang, alkohol seiring dengan proses pembuatan flavor extract di mana akan menguap bersamaan dengan reaksi panas. Argumentasi yang selalu disampaikan kebanyakan orang sebagaimana yang diiyakan pula pada artikel web tersebut. Dikutip dari artikel pada web terkait, “Selain penambah aroma, alkohol berperan sebagai perisa (flavour) dalam masakan. Anda mungkin dapat mencium aroma dan mengenali kehadiran cita rasa alkohol pada saat menikmati sepiring klapertaart. Adanya aroma dan rasa alkohol tersebut membuktikan bahwa alkoholnya sendiri sudah bercampur dengan makanannya”. Pantas saja bilamana demikian aroma flavor extract buatan pabrik adalah lebih menyengat.   

Masih dikutip dari sumber artikel terkait, “Bukti lain keberadaan alkohol ternyata tidak hanya terletak pada kemampuan hidung dan lidah saja. Departemen Pertanian AS (USDA) melansir tabel faktor retensi nutrisi (Nutrient Retention Factors) release 6 pada 2007. Tabel tersebut berisikan daftar nutrisi (vitamin, mineral dan alkohol) yang tersisa setelah melalui bermacam cara pengolahan makanan. Khusus alkohol, berdasarkan tabel tersebut dikenal istilah alcohol burn-off chart”. 

Alcohol burn-off chart? Sebuah informasi menarik yang bersumber dari New York State Office of Alcoholism and Substance Abuse Services, alkohol adalah dapat ditemukan sebagai salah satu bahan kue dalam banyak resep masakan. Alkohol dapat ditambahkan sebagai bahan kue untuk menambah rasa tertentu atau dapat menjadi bagian dari suatu bahan kue seperti ekstrak flavor. Dalam hal ini banyak buku resep masak yang memberikan informasi kepada konsumen bahwa alkohol akan menguap dalam proses pemasakan namun proses sebenarnya adalah lebih rumit dari ini. Semoga Bermanfaat.