Rahasia Harumnya Es Krim dan Cupcake Vanilla

Tahukah pembaca apa yang menjadi rahasia dibalik harumnya berbagai resep kue yang Kita buat ataupun kelezatan es krim yang dirasakan dilidah dalam berbagai rasa? Selain penggunaan bahan dasar seperti telur, mentega dan juga tepung terigu, tidak kalah penting adalah penggunaan flavor atau perasa dikalangan para bakers atau pembuat kue sehingga dapat menambah keharuman aneka resep kue ataupun rasa es krim yang dibuat agar lebih terasa dilidah. Dan vanilla ternyata rempah favorit sebagai aroma flavor di dunia!

Rempah dan herbal adalah sumber bahan yang umumnya dijadikan sebagai flavor atau perasa pada kue, sama halnya dengan pemanfaatan rempah dan herbal pada berbagai resep masakan. Sebagaimana hasil penelitian yang disampaikan oleh Karen Siegel, MPH, MS, RD, seorang ahli gizi dan nutrisi serta pengobatan tradisional Cina pada situs Todays Dietitian, pemanfaatan rempah dan herbal pada berbagai resep kue dan masakan adalah tidak hanya sekedar mengharumkan aroma akan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan manusia. Terkandung banyak senyawa baik pada rempah dan herbal mulai dari antioksidan, antimikroba serta bahkan antivirus.   

Bubuk Vanili Asli dan Buah Vanilla Bean

Ingin tahu rempah herbal favorit yang banyak digunakan pada berbagai resep kue dan juga aneka rasa es krim di dunia? Rempah vanilla adalah salah satunya di mana rasa es krim favorit di dunia tidak lain es krim vanilla, tidak jauh berbeda dengan kue favorit dunia yang mana vanilla cupcake menjadi resep kegemaran para bakers atau pembuat kue.

Berbeda dengan di negara luar seperti Amerika dan Eropa, yaitu ketika flavor vanilla alami yang didapat dari buah vanilla asli atau yang disebut dengan vanilla bean adalah lebih disukai, di Indonesia di mana flavor vanilla identik dengan vanilla essence ataupun vanilla extract yang sebenarnya dibuat melalui proses fermentasi dengan campuran alkohol di dalamnya yang lebih diminati.


Buah vanilla awalnya masih berwarna hijau saat dipanen dari pohonnya, buah ini selanjutnya akan dikeringkan terlebih dahulu oleh petani sebelum vanilla bean siap untuk digunakan ataupun dijual ke pasaran. Buah vanilla alami berbentuk seperti buncis atau kacang panjang namun dengan warna cenderung cokelat kehitaman di mana biji bagian dalam buah yang dimanfaatkan oleh para bakers dan chef kelas dunia sebagai flavor selama ini baik itu pada resep makanan dan juga minuman, selain vanilla bean, sebutan lain untuk buah vanilla alami adalah vanilla pod.


Terbilang sederhana pemakaian vanilla pod sebagai flavor alami pada resep kue ataupun es krim yang akan Kita buat, buah yang didapat dari tanaman vanilla di mana asal tanaman ini dahulunya dari pedalaman hutan Meksiko dan bisa ada di Indonesia setelah dibawa oleh bangsa Belanda, sayat melintang batang vanilla pod dan keluarkan biji bagian dalamnya yang berupa serbuk kehitaman, serbuk inilah yang bisa dicampurkan langsung pada resep kue sebagai flavor ataupun dengan menjadikannya terlebih dahulu sebagai sirup gula vanilla yang dibuat dari rebusan biji dan kulit vanilla bean dengan campuran air serta gula pasir dan bisa juga dengan resep vanilla pasta rumahan. 


Jangan kaget bila resep kue ataupun es krim yang menggunakan bahan vanilla pod akan menciptakan garnish berupa bintik kehitaman pada teksur sebagai ciri natural ingredients daripada vanilla alami yang digunakan. Demikian juga aroma vanilla bean alami yang cenderung lebih soft atau lembut dibandingkan vanilla essence dan vanilla extract dikarenakan ketiadaan campuran alkohol, keputusan adalah ada pada pembaca pastinya, di mana enak, halal dan sehat selayaknya yang menjadi pertimbangan.

Pengetahuan Bubuk Vanilla Bean Alami pada
Ground Vanilla Powder/ Bubuk Vanilla Asli

Buah vanilla bean atau vanilla pod yang bisa juga dimanfaatkan dalam bentuk bubuk atau yang biasa disebut vanilla powder, namun sayangnya bubuk vanilla yang lebih dikonsumsi adalah bubuk vanilla imitasi, buatan atau sintetis. Bubuk vanilla bean yang asli adalah berwarna coklat kehitaman selayaknya buah vanilla. Dari pengetahuan didapat, bubuk vanilla asli yang bisa digunakan untuk pelengkap ekstrak vanilla agar tidak menguap saat adonan panas, perasa pada minuman dan juga es krim hingga pastry topping. Bubuk vanilla yang jauh lebih hemat digunakan dibandingkan vanilla bean dengan perbandingan 1/4 sendok teh vanilla powder adalah sama dengan satu batang buah vanilla. 
Buku menarik yang wajib dibaca seputar dunia es krim, Old Fashioned Homemade Ice Cream yang ditulis oleh Thomas R. Quinn, yaitu manfaat buah vanilla baik yang berupa batangan atau vanilla stick dan juga berupa bubuk atau ground vanilla powder sebagai flavor atau perasa pada resep es krim. Cukup dengan takaran 1 sendok vanilla bubuk alami dibuat dari buah vanilla bean yang dihaluskan maka dapat memberikan aroma pada es krim sama dengan takaran 2 sendok makan penggunaan ekstrak vanilla. Jangan lupa baca juga Cerita Cupcake Si Kue Mungil. Semoga bermanfaat.