Vanilla Custard, Makanan Bayi Pendamping ASI

ASI atau Air Susu Ibu merupakan makanan terlengkap dan terbaik bagi bayi, makanan fitrah yang diberikan saat bayi masih belum memiliki kemampuan sempurna untuk mencerna jenis makanan apapun selain ASI atau Air Susu Ibu. Hingga bayi berusia 6 bulan, pemberian air susu ibu sangat dianjurkan sebagai makanan pokok bagi bayi. Manfaat buah vanilla untuk makanan bagi bayi.

Situs Breast Feeding Indonesia yang mengulas banyak manfaat dan penelitian tentang pemberian air susu ibu bagi bayi, diantaranya adalah penelitian yang dilakukan oleh Duke University Medical Center, bayi yang mendapat ASI sejak lahir memiliki koloni bakteri dalam ususnya yang berarti membantu penyerapan nutrisi dan meningkatkan sistem imun. yang akan melindungi bayi dari infeksi dan penyakit. 

Demikian juga dengan penelitian yang dilakukan oleh Dr Scott Montgomery, ahli epidemiologi di Karolinska  Institute Swedia sebagaimana dikutip reuters. ASI mengandung banyak nutrisi,  hormon, enzim, untuk pertumbuhan dan kekebalan tubuh yang diturunkan ibunya ke  bayi.

Pertanyaannya adalah bagaimana dengan pemberian asupan makanan bagi bayi setelah bayi berusia 6 bulan ke atas? Pemberian air susu ibu secara eksklusif kepada bayi adalah hingga bayi berusia 6 bulan, artinya memang setelah 6 bulan maka saatnya bayi baru diperbolehkan untuk diberikan asupan makanan tambahan sebagai pendamping ASI. Heeeeem, bagaimana bila custard puding beraroma vanilla dijadikan pilihan sebagai makanan tambahan bayi sebagai pendamping ASI?


Anjuran bagi para ibu cerdas untuk senantiasa memperhatikan kandungan pada setiap produk makanan instant seperti bubur bayi dan juga susu guna memenuhi kebutuhan gizi bayi selain pemberian Air Susu Ibu atau ASI. Jauh lebih baik meluangkan waktu dan menyiapkan sendiri bahan makanan untuk buah hati tercinta. 

Didapat dari situs Homemade Baby Food Recipes, buah vanilla asli dalam bentuk bubuk atau vanilla powder natural yang sangat baik dan dianjurkan sebagai pengganti manisnya gula pada bubur bayi, informasi produk dapat dilihat pada kaitan link di bawah ini, 




Informasi menarik lainnya yang bersumber Whole Some Baby Food, rempah vanilla beans berupa bubuk adalah salah satu jenis rempah herbal yang dianjurkan terkandung pada makanan pendamping bayi. Aneka jenis rempah herbal lainnya yang dianjurkan adalah, lada, kemangi, rosemary, lemon, jahe, kayu manis, mint, pala dan bunga pekak. 

Pengetahuan dari situs The Health Site, Why Sugar Is Very Bad for Babies? Gula sebagai tambahan bahan pangan yang sebaiknya dihindari sebagai perasa manis makanan pada bubur bayi. Gula sebagai pemanis pada makanan dan bubur yang dikonsumsi bayi berusia 1 tahun ke bawah memiliki resiko menurunkan kekebalan tubuh bayi sehingga mudah terserang penyakit. Bayi yang juga akan memiliki resiko penyakit jantung saat tumbuh dewasa bilamana dibiasakan mengkonsumsi makanan mengandung pemanis gula. Kecerdasan otak dan tingkat konsentransi anak yang tidak optimal apabila sudah diberikan asupan makanan mengandung gula sedari bayi.

Berikut adalah beberapa bahan pangan alami lainnya yang bisa dipertimbangkan sebagai pengganti manisnya gula pada bubur bayi, di mana pemberian ASI atau Air Susu Ibu adalah menjadi hal utama. Buah pisang yang ternyata bisa diberikan sebagai bahan pemanis pengganti gula pada bubur bayi. Pisang yang dapat dicampurkan sebagai pemanis pada bubur bayi bersama daging dan sayur-sayuran. 

Ada juga buah apel dalam bentuk saus yang direkomendasikan sebagai pengganti manisnya gula pada bubur bayi hingga buah pir dan ubi jalar baik yang berwarna ungu maupun coklat yang baik untuk bayi. Tidak ketinggalan wortel dan juga buah ceri yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh bayi. Semoga bermanfaat.