Tips Tetap Langsing Dengan Gula Jawa

Mengkonsumsi segala macam kue makanan yang menggunakan pemanis gula jawa terbuat dari nira pohon kelapa selain mencegah kegemukan adalah baik untuk penderita diabetes dan mengatasi POCS atau permasalahan gangguan hormonal pada wanita, berita yang didapat dari situs Ecobuddy, sebagaimana artikel pada situs terkait, Palm Sugar an Ancient Secret to Women’s Health! 

Gula nira kelapa yang ternyata juga dapat membantu penyembuhan permasalahan gangguan hormonal pada wanita jika dikonsumsi secara teratur, mencegah anemia dan obesitas selama masa kehamilan. Tidak hanya di Indonesia, gula merah dibuat dari nira kelapa yang juga merupakan resep leluhur nenek moyang di India, setiap wanita di India dianjurkan untuk mengkonsumsi gula merah dari nira kelapa sejak beranjak dewasa hingga pasca kelahiran.

Gula merah kelapa ataupun gula jawa kelapa, demikian kebanyakan orang menyebutnya, merujuk hasil penelitian yang dimuat pada the American Journal of Clinical Nutrition tentang coconut sugar, dibandingkan madu dan gula pasir, gula merah terbuat dari nira kelapa memiliki indeks glikemik yang lebih rendah sebagai bahan pemanis sehingga direkomendasikan bagi penderita diabetes dan nutrisi bagi para wanita yang tengah menjalani masa kehamilan. Indeks glikemik tinggi pada bahan makanan yang diketahui menjadi salah satu faktor pemicu kegemukan. 

Gula merah kelapa ataupun gula jawa kelapa adalah berbeda dengan gula merah aren, jika gula merah aren didapat dari nira pohon Aren, sedangkan gula merah kelapa didapat dari nira pohon Kelapa. Indeks glikemik gula merah kelapa pun jauh berbeda di mana jauh lebih tinggi gula aren dibandingkan gula kelapa. Berikut adalah urutan glikemik indeks pemanis alami yang biasa digunakan pada bahan makanan, gula kelapa (35), gula pasir (85), gula aren (70) dan madu (55). 


Kandungan nutrisi gula kelapa sebagaimana sumber yang didapat dari situs Gula Palm, pada gula kelapa terkandung 14 jenis asam amino alami termasuk 6 asam amino essential yakni asam amino yang tidak dihasilkan oleh tubuh di mana bermanfaat sebagai pembentukan sel membran yang menyeimbangkan asupan lemak essensial. 

Gula kelapa yang dapat menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida, membentuk antibodi atau sistem kekebalan tubuh, menyelaraskan enzim dan hormon serta memperbaiki sel atau jaringan tubuh yang rusak. Bukan hanya itu, pada gula kelapa terdapat 13 kandungan mineral alami seperti Nitrogen (N), Kalium (K), Calcium (Ca), Zinc (Zn) dan lainnya yang dapat mencegah timbulnya penyakit degeneratif akibat kekurangan mineral. Gula kelapa yang juga mengandung nutrisi Vitamin B complex dan gula fruktosa alami.

Membedakan kasat mata antara gula merah dibuat dari nira kelapa dan gula merah dibuat dari nira aren? Terlebih kandungan gula merah dibuat dari nira pohon Aren yang lebih tinggi dibandingkan nira pohon Kelapa. Teliti sebelum membeli sebab tidak semua gula jawa merah dibuat dari nira kelapa, warna gula merah dibuat dari nira aren yang jauh lebih gelap dibandingkan nira kelapa yang cerah, dan aroma wangi gula aren yang lebih terasa dibandingkan nira gula kelapa. Ini yang membuat gula merah dari bahan nira aren lebih digemari sebagai bahan campuran minuman pada café ataupun bahan resep kue dibandingkan gula merah yang terbuat dari nira kelapa.  

Gula jawa atau gula merah ada yang dibuat dari nira kelapa ataupun nira aren, lalu apa pengertian dari nira itu sendiri sebenarnya? Pengertian nira tidak lain adalah cairan yang dikeluarkan dari bunga keluarga palma di mana bisa itu pohon aren, pohon kelapa dan siwalan. Bagi pembaca yang menyukai jajanan kue tradisional pasar, tentunya sudah tidak asing lagi dengan kue bika ambon yang memiliki kunci kelezatan diantaranya pada nira. 

Rindu resep kue tradisional nusantara berbahan gula jawa? Kue cucur diantaranya yang dikenal dalam bahasa kuliner asing dengan nama bowsprit cake. Kue yang terbilang gampang ditemukan pada pasar kue tradisional dan termasuk kue favorit dikalangan pecinta kue tradisional. Kue cucur yang dibuat dengan bahan dasar adonan berupa tepung beras, gula merah kelapa, daun pandan dan sedikit garam. Gula bermanfaat untuk perawatan kecantikan, posting blog terdahulu yaitu Bahan Scrub Alami Dari Gula Pasir.