Gula Pasir Bahan Scrub Alami

Ingin merawat kelembutan kulit tubuh dengan biaya super murah dan harga terjangkau? Tanpa perlu harus repot pergi ke salon ataupun spa kecantikan, sudahkah pembaca mencobanya dengan scrub gula pasir? Gula pasir yang pastinya selalu tersedia di ruangan dapur Kita sebagai bahan kue sehat! Sebagaimana tips kecantikan pada artikel yang ditulis oleh Anitra Brown dengan judul What Is a Sugar Scrub? 

Bersumber dari situs berita Huffington Post, berikut adalah beberapa alasan mengapa gula pasir bisa dijadikan bahan untuk perawatan kecantikan kulit wanita, pertama, gula termasuk dalam kelompok bahan aktif humektan dengan kemampuan menyerap uap air di lingkungan sekitar, kemampuan menyerap uap air yang ada pada gula pasir inilah sehingga membuat gula pasir bisa dimanfaatkan sebagai bahan produk kecantikan seperti body scurb misalnya yang Kita tahu sangat membantu dalam menjaga kelembaban kulit.


    Sweet vanilla sugar scrub, ground vanilla powder gently exfoliates to leave skin smooth and revived. Ground vanilla powder, delicious handcrafted product to enhance every recipe, vanilla bean ground to a powder, gluten free and vegan! You can use it for baking, cooking, coffee and ice cream! 

    Bubuk Vanili Alami, Vanilla Powder

    Membuat scrub alami gula pasir dan vanilla bubuk, satu sendok teh gula pasir dan 1 sendok minyak zaitun yang diaduk merata, lalu tambahkan juga dengan 1 sendok teh vanilla bubuk. Aplikasikan pada bagian tubuh yang diinginkan dan bilas dengan air hangat sesudahnya. Berhati-hati pemakaian pada kulit yang sensitif serta senantiasa berkonsultasi pada dokter kulit ataupun pakar kecantikan. 

    Gula merupakan sumber alami kandungan asam glikolat, sebagaimana diketahui jika asam glikolat juga senantiasa ada pada produk kecantikan wanita. Bersumber dari situs Amazine, asam glikolat (glycolic acid) adalah jenis alpha hydroxy acid (AHA) yang antara lain diperoleh dari sumber alami seperti gula, susu, dan buah asam. Asam glikolat yang lazim digunakan untuk membuat kulit terlihat lebih muda serta untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti bekas luka, bintik-bintik kulit, kulit mati, dan jerawat.

    Dalam praktiknya, scrub gula pasir dapat dibuat dengan campuran bahan massage oil lainnya seperti minyak zaitun, minyak kelapa atau coconut oil dan perasan jeruk lemon, termasuk dengan penambahan essential oil maupun rempah bubuk lainnya seperti kopi, kayu manis, cokelat, vanilla dan sebagainya sesuai mood yang ada.  Berhati-hati pemakaian pada kulit yang sensitif serta senantiasa berkonsultasi pada dokter kulit ataupun pakar kecantikan. 

    Penasaran bagaimana gula pasir dibuat? Bersumber dari Agrirafinasi, gula pasir yang biasa disebut juga dengan gula meja merupakan sukrosa yang didapat dari tanaman tebu. Sukrosa yang dikristalkan akan menjadi gula pasir. Pabrik gula mengolah nira tanaman tebu menjadi gula pasir dengan cara mengkristalkan sukrosanya. Sisa niranya yang tidak dapat dikristalkan lebih lanjut dinamakan tetes tebu atau molasses. 

    Gula pasir yang merupakan kristalisasi sukrosa yang didapat dari nira tanaman tebu sedangkan tetes tebu atau molasses adalah sisa nira tanaman tebu yang tidak bisa dikristalkan, pastinya juga pembaca telah mengenal jenis gula Brown Sugar? Pemahaman gula brown sugar yang masih kebanyakan orang menyamakannya dengan gula merah atau gula jawa, samakah brown sugar dengan gula merah sebenarnya? 

    Penjelasan yang didapat dari situs Femina, adalah berbeda ternyata antara brown sugar dengan gula merah, gula merah atau yang biasa Kita kenal dengan gula jawa merupakan produk gula yang terbuat 100% dari Nira pohon Kelapa, Aren atau Siwalan, sedangkan brown sugar adalah gula pasir yang dibubuhi dengan molasses sebagai sisa nira dari pohon Kelapa yang tidak bisa dikristalkan menjadi sukrosa sebagaimana penjelasan di atas.

    Pada gula terkandung asam glikolat atau glucolic acid jenis alpha hydroxy acid (AHA) yang lazim digunakan untuk membuat kulit terlihat lebih muda, berkat kecanggihan teknologi yang pada akhirnya menciptakan suatu alat micro-dermabrasi yang memiliki fungsi tidak jauh berbeda dengan gula pasir sebagai bahan scrub alami untuk perawatan kecantikan kulit dan wajah. Semoga bermanfaat. Pengetahuan lainnya tentang gula pada Pengganti Gula Pada Bahan Kue.