Geliat Pasar Jajanan Kue Plered

Menempuh perjalanan darat dengan berkendaraan mobil dari Jakarta ke kota Cirebon, tidak jauh dari sentra kerajinan batik Trusmi yang semakin dikenal dunia, dan deretan rumah makan empal gentong khas Tengah Tani di sepanjang jalan Raya Plered menuju jantung pusat kota Cirebon, sebuah pasar tradisional yang dari lokasinya ada di pinggir jalan sehingga sangat mudah mencuri perhatian bagi seseorang yang tertarik dengan aneka jajanan kue kering pasar mulai dari kacang-kacangan hingga gurihnya keripik pisang, itulah pasar Weru, Plered, Cirebon yang memang sudah dari puluhan tahun lalu adalah dikenal sebagai sentra pasar jajanan kue yang berlokasi di kabupaten Cirebon.

Di pasar Weru, Plered ini, aneka jajanan kue kering tersedia ibarat surga bagi para pedagang kue yang bermaksud menjualnya kembali, kue yang ada dijual dalam ukuran bal ataupun dus yang bilamana untuk pembelian partai besar adalah masih memberikan keuntungan cukup lumayan bagi para pedagang kue yang datang, baik pedagang dari kota Cirebon itu sendiri ataupun pedagang kue yang datang dari luar kota Cirebon seperti Tegal, Bandung dan bahkan Jakarta! Kue yang dijual selain dibuat oleh industri pangan rumah tangga (IPRT) yang ada di daerah sekitar kabupaten Cirebon termasuk Kuningan dan juga kue yang dipasok dari luar kabupaten Cirebon.  


Tidak hanya kue kering, termasuk juga kue basah yang ada di pasar ini untuk kemudian dijual kembali ke pasar-pasar lainnya yang ada di kabupaten dan kota Cirebon. Menjamurnya toko kue menjadikan persaingan bisnis pastinya ada antara toko kue yang umumnya menjual grosir barang dagangannya, olehkarenanya tidak sekedar harga kompetitif yang diberikan kepada para konsumen pedagang kue yang datang ke pasar Weru, Plered Cirebon akan tetapi juga layanan penjualan yang memudahkan pedagang kue untuk menjual kue ke pasar-pasar lainnya seperti retur ataupun penggantian bilamana ada kue yang rusak ataupun kadaluarsa.

Pembuat kue yang memasok kue ke pasar Weru pun bisa meraih keuntungan yang cukup lumayan bilamana bisa membuat kue dalam skala besar, terlebih bilamana ada pembeli yang langsung berhubungan dengan pembuat kue. Kota dan kabupaten Cirebon ibarat permata yang masih terpendam, dengan dukungan fasilitas yang saat ini terus giat dibangun agar menjadikan daerah ini semakin nyaman untuk berwisata dan berbisnis, geliat Pasar Jajanan Kue Plered adalah Wisata dan Peluang Bisnis menarik lainnya yang ada di kabupaten Cirebon. Baca juga artikel blog sebelumnya tentang Tips Memulai Bisnis Kue Online.