Makan Ketan Putih Bikin Sehat!

Ketan Putih, bahan makanan sehat, jajanan kue tradisional pasar yang jangan terlupakan. Sarapan di pagi hari dengan kue Ketan Putih yang ternyata bisa membuat sehat dengan kandungan gizi dan nutrisinya, termasuk ketan putih mencegah serangan penyakit jantung! Kue ketan putih terbuat dari bahan beras ketan, bertabur kelapa parut dengan keharuman aroma daun pandan, nikmat disantap beralas piring daun pisang.

Sebagaimana terjemahan artikel yang ditulis oleh Louise Tremblay pada situs Healthy Living, Sticky Rice, demikian kata dalam bahasa Inggris untuk penamaan beras Ketan Putih, beras Ketan Putih yang dikenal juga dengan sebutan Glutinous Rice.

Penjelasan artikel terkait, setiap satu cangkir beras ketan putih yang diolah sebagai makanan mengandung 169 kalori yang artinya memenuhi sekitar 8% kebutuhan kalori manusia. Tidak hanya itu, penjelasan the McKinley Health Center Universitas Illinois, serat yang terkandung pada ketan putih memberikan kontribusi yang sangat baik pada menu diet serat tinggi di mana ini bisa menurunkan resiko terhadap serangan penyakit jantung. 
  

Ketan putih sebagai sumber mineral selenium yang juga kaya akan antioksidan sehingga memberikan perlindungan terhadap jaringan tubuh manusia, sel-sel tubuh yang rusak akibat bahaya radikal bebas. Selenium pada ketan putih yang juga sebagai kelenjar tiroid guna mengatur aktivitas hormon tiroid, menjaga dinding pembuluh darah agar berfungsi dengan baik.  Setiap satu cangkir beras ketan yang dimasak mengandung 9.7 mikrogram selenium atau 18 persen dari kebutuhan harian selenium tubuh manusia.

Nutrisi apa lagi yang terkandung pada secangkir ketan? Dalam secangkir ketan putih terkandung Mangan sebesar 0.5 miligram atau 22% dari asupan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Asupan mangan yang diperlukan untuk metabolisme tubuh dan memproses karbohidrat, protein dan kolesterol pada tubuh manusia. Vitamin B-5 pada beras ketan putih yang bermanfaat untuk membantu sel-sel tubuh dalam menghasilkan energi dan juga membantu dalam sintesis hormon untuk menjaga keseimbangan hormon. Kandungan tembaga pada beras ketan putih untuk kecerdasan otak! 


Tahukah pembaca jika di negeri Tiongkok setiap tahunnya merayakan Festival Beras Ketan yang dinamakan “Duan wu Festival”. Festival beras ketan yang dirayakan setiap tanggal 5 Mei untuk untuk mengingat seorang penyair kuno yang sangat terkenal bernama Qu Yan di Tiongkok. Zong zi demikian sebutan orang Tiongkok untuk makanan terbuat dari bahan beras ketan yang dimakan bersama saat perayaan festival dimaksud. Tidak sebatas itu, ilmu pengobatan tradisional Tiongkok yang merekomendasikan beras ketan sebagai makanan sehat untuk mengatasi gangguan pada limpa, perut dan pencernaan.  Bukan hanya negeri Tiongkok yang penduduknya menggemari kue beras ketan, negeri gajah putih Thailand adalah kaya akan variasi resep kue dengan bahan beras ketan, Resep Ketan Putih Isi Mangga Ala Thailand diantaranya.


Beras ketan bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia, bagaimana dengan tepung yang dibuat dari bahan beras ketan, tepung beras ketan? Bersumber dari situs Femina, tepung beras ketan yang dapat dibuat sendiri dari bahan beras ketan. Caranya adalah beras ketan direndam dahulu semalaman dengan air lalu ditiriskan, setelah itu beras ketan dijemur di matahari hingga kering, beras ketan yang sudah kering selanjutnya digiling hingga alus serta diayak. Tahapan proses berikutnya adalah beras ketan disangrai dengan api sangat kecil hingga tepung beras ketan tidak menggumpal. Haluskan kembali tepung beras ketan dengan cara diayak selepas disangrai, tepung beras ketan disimpan dalam toples yang bersih dan kering serta tertutup rapat. Semoga bermanfaat.