Gula Kastor Bisa Dibuat Sendiri!

Gula kastor, castor sugar, caster sugar atau yang biasa disebut juga superfine sugar. Gula jenis apakah ini? Lalu apa perbedaannya dengan jenis gula pasir biasa? Karena bila dilihat sepintas adalah tampak sama antara gula kastor dan gula pasir biasa, padahal dari tingkat kehalusan di mana gula kastor memiliki tekstur dan kecerahan lebih baik.

Rangkuman penjelasan dari beberapa sumber, bila gula kastor ternyata adalah gula pasir yang sudah dihaluskan hingga mencapai ukuran butiran jauh lebih kecil dibandingkan gula pasir. Ukuran gula kastor atau castor sugar yang setengah ukuran lebih kecil dibanding gula pasir biasa.

Sengaja dibuat lebih halus dibanding gula pasir, jenis gula kastor yang memang diperuntukkan khusus sebagai bahan pemanis pada adonan kue, cookies, pastry dan lainnya. Kemudian keunggulan gula kastor yang lebih cepat larut pada adonan, warna gula kastor yang juga lebih bersih cerah dibanding gula pasir. 

  
Cara membuat gula kastor sendiri untuk kebutuhan bahan adonan kue? Karena memang bahan dasarnya gula pasir, gula kastor yang tentunya bisa Kita buat sendiri walaupun sedikit repot, yaitu dengan menumbuk gula pasir hingga menjadi butiran lebih kecil kemudian mengayaknya, hasil ayakan terkecil gula pasir tersebut adalah gula castor. Olehkarenanya dimaklumi bila harga gula kastor pun sedikit lebih mahal dibanding gula pasir karena ada proses produksi tambahan dan kebanyakan produk impor.

Bukan hanya untuk adonan kue loh ternyata, gula kastor yang bisa untuk perawatan kecantikan, dalam gula terkandung asam glikolat yang membantu proses pengelupasan kulit. Gula yang juga tergolong exfoliant alami, sehingga ketika Kita menjadikannya sebagai bahan scrub adalah dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan ini baik untuk peremajaan kulit. Sebagaimana posting Blog terdahulu yaitu Gula Pasir Bahan Scrub Alami dan Tips Langsing Dengan Gula Jawa.