Aroma Wangi Bubuk Daun Pandan

Vanilla of The East, demikian julukan bagi daun pandan sebagaimana yang ditulis oleh Carol Serva Rajah pada bukunya yang berjudul Heavanly Fragrance, aroma wangi pandan sebagai perpaduan antara mint dan buah kelapa. Wilayah Asia Tenggara dikenal sebagai daerah yang baik untuk habitat tanaman pandan yang wangi. Dikutip dari The Times, Nigella Lawson, celebrity chef berparas cantik yang mengatakan bila daun pandan akan menggeser popularitas Matcha, banyak koki yang berkreasi kuliner dengan daun pandan.

Bukan sekedar bahan pewarna alami pada aneka resep kue sehat dan pengharum makanan, banyak manfaat pada daun Pandan yang wangi bagi kehidupan manusia. Pandanus Amarylifolius Raxb, nama latin dari tanaman Pandan dengan banyak manfaat yang dimilikinya, mulai dari pewangi pada aroma kue dan makanan, pengobatan tradisional hingga kerajinan tas tangan dibuat dari daun pandan. 

 

Pembaca pastinya sudah mengenal kue Pukis? Kue tradisional khas Indonesia berasal dari Banyumas provinsi Jawa Tengah, resep kue pukis yang menyertakan keharuman aroma pandan wangi di dalamnya.  Coconut milk cake, resep kue Pukis yang merupakan modifikasi resep kue wafel pada awalnya. 

    Lalu darimanakah aroma wangi pada daun Pandan tercipta? Situs Gernot Katzer’s menjelaskan bahwa hingga kini aroma wangi pada daun Pandan masih merupakan misteri, aroma wangi pada daun Pandan yang mudah menguap ketika daun ini kering. Kandungan pigmen karotenoid kuning pada daun Pandan diyakini sebagai penyebab daun pandan menjadi wangi dan hanya ada ketika daun Pandan masih dalam keadaan segar. 

    Penelitian yang dilakukan oleh Balittas, Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat, aroma wangi pada daun pandan yang ternyata disebabkan adanya kandungan senyawa kimia 2AP (2 Acetly 1 pyrroline/ ACPY), senyawa ini merupakan turunan dari asam amino fenilalanin.  

    Daun pandan nan wangi yang mendapat tempat sebagai herbal aromatik sarat manfaat pada banyak hati pelaku kuliner dunia, Screw Pine atau Umbrella Tree adalah penamaan daun Pandan di Inggris, Pandanus di Prancis, Schraubenbaum di Jerman, Cây cơm nếp di Vietnam dan Rampe penamaan pandan dalam bahasa Tamil. 

    Pemanfaatan daun pandan yang saat ini mulai banyak digunakan dalam bentuk bubuk, Bubuk Daun Pandan, Serbuk Daun Pandan atau Pandan Leaves Powder, daun pandan dikeringkan, kemudian digiling halus menjadi bubuk tanpa tambahan bahan pewarna buatan, terlebih bahan tambahan pangan artificial maupun sintetis. Tiap 1 kilogram bubuk daun pandan membutuhkan setidaknya 10 kilogram daun pandan segar, aroma wangi pandan sebagaimana yang disampaikan oleh Nigella Lawson yang akan menyaingi popularitas Matcha. Banyak resep kue yang menggunakan bubuk daun pandan, resep muffin, kue sifon, roti, pancake, kue macaron dan lainnya. Bubuk daun pandan yang bisa juga diseduh menjadi teh daun pandan ataupun bahan  minuman sehat seperti smoothies.  


     
    Tidak hanya sebatas pemberi aroma wangi pada kue, kerajinan aroma nan wangi yang dapat dibuat berbahan daun Pandan, Screw Pine Craft yang mana India dan juga termasuk Indonesia dikenal sebagai pembuat kerajinan dari anyaman daun Pandan di dunia. Bersumber dari situs Discovered India, kerajinan anyaman daun Pandan yang sudah ada sejak dahulu di India. Kerajinan anyaman daun Pandan di wilayah Kerala India berpadu kelembutan serat sutra dan sabut kelapa menjadi aneka produk kerajinan kelas dunia. Demikian juga dengan di Indonesia, kreasi tas Pandan Wangi dengan desain menarik diantaranya. 

      Adapun di Indonesia, daerah Rajapolah kota Tasikmalaya yang diantaranya dikenal sebagai sentra kerajinan daun pandan. Tidak hanya berupa tas, termasuk kreasi dompet dan kotak souvenir dibuat dari bahan daun pandan oleh para pengrajin di Tasikmalaya. Jika suatu waktu pembaca berkesempatan berlibur ke kota Tasikmalaya, berkunjung ke Rajapolah merupakan keharusan bagi pembaca yang menyukai kerajinan senin.
          Manfaat daun pandan untuk kesehatan manusia? Sudahkah pembaca mencoba membuat resep jus dengan bahan dari daun pandan? Sederhana proses penyiapannya, dua lembar daun pandan yang direbus dengan 2 gelas air putih hingga tersisa 1 gelas dan kemudian dicampur dengan madu diketahui bermanfaat sebagai herbal penambah nafsu makan. Ataupun meminumnya secara rutin pada pagi dan sore hari yang mana bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi. Daun pandan yang juga dikenal sebagai daun penghilang galau dikarenakan meminum jus daun pandan secara rutin sebagaimana cara di atas bermanfaat untuk menenangkan pikiran.  


          Resep kue tradisional lainnya yang memakai daun pandan sebagai pengharum makanan, kue beras ketan sebagai resep kue tradisional lainnya yang memanfaatkan daun pandan sebagai pewangi. Daun pandan yang biasa diberikan pada proses pembuatan makanan berbahan beras ketan putih saat proses pengukusan, kue beras ketan putih yang dikenal dengan nama Sticky Rice pada dunia resep internasional. Dan uniknya, beberapa resep kue beras ketan putih di luar negeri selain menggunakan daun pandan sebagai pewangi dan juga ada yang menggunakan pasta vanilla, sebut saja resep Mango with Coconut Sticky Rice yang mempergunakan beras ketan. 

          Thai Sticky Rice, di mana negeri gajah putih Thailand adalah yang dikenal dengan banyak variasi resep makanan kue beras ketan dan daun pandan. Jadi seandainya harga vanilla bean stick terbilang mahal sekarang ini, ataupun belum sempat pergi ke toko kue untuk membeli ekstrak ataupun pasta vanili, saatnya menanam Pandan di pekarangan rumah. Kemudian bagi pembaca yang suatu ketika berkesempatan liburan wisata ke Bali, resep kue tradisional pulau Dewata Bali yaitu kue Jaja Begina sebagai resep kue tradisional yang juga dibuat dari bahan ketan putih, direndam air kelapa dan daun pandan wangi dalam proses pembuatannya, termasuk penggunaan penyedap rasa alami pada bumbu rendaman kue Jaja Begina. Semoga Bermanfaat.