Resep Kue Kecipir Keju Renyah Khas Banyuwangi

Alhamdullilah, tuntas uji coba resep kue kecipir keju, katanya nih, kue kecipir keju yang sudah ada sejak jaman dulu dan dikenal sebagai jenis kue tradisional di Indonesia. Beberapa sumber menyebutkan, kue ini yang aslinya cemilan khas dari Banyuwangi dan biasa dijadikan kue kering di hari lebaran. Just stay at home, pembaca di rumah yang bisa untuk mencoba resepnya dengan sedikit modifikasi dari resep yang sudah ada.  

Bahan resep yang dibutuhkan,
500 gram tepung ketan, 150 gram tepung tapioka
150 gram margarin dan 2 butir telur
100 cc santan, 100 gram gula pasir
1 sendok teh garam, 100 gram keju diparut 
dan 1/2 sendok teh bubuk vanili  


Begini cara membuatnya, tepung ketan dan tepung tapioka yang diaduk rata terlebih dahulu kemudian dipisahkan. Kocok telur, gula pasir, garam, margarin dan vanili bubuk sampai setengah mengembang. Beli vanili bubuk alami bisa di sini.  


Adonan tepung yang kemudian dimasukkan ke dalam kocokan sedikit demi sedikit. Beberapa resep memasukkan margarin dalam kondisi sudah dicairkan bersamaan dengan adonan tepung dan diikuti santan sembari dilakukan pengadukan adonan memakai tangan sampai menjadi kalis, bila adonan sudah kalis, masukkan keju parut dan lanjutkan pengadukan. 

 
Nah tahap terakhir baru deh pencetakan, caranya, adonan yang sudah kalis dimasukkan ke dalam kantong plastik, lalu ujungnya sudah diberi cetakan kue semprit berbentuk bunga. Beres proses pencetakan baru digoreng hingga berwarna keemasan. Selamat uji coba resep!