Manfaat Kapulaga untuk Bahan Kue

Bagi pecinta resep masakan khas Timur Tengah dan India, penggunaan rempah kapulaga sebagai bumbu masak tentunya hal biasa. Namun bukan hanya sebatas bumbu masak, kapulaga, salah satu dari sekian banyak kekayaan rempah Indonesia yang sebenarnya juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan resep kue sehat hingga resep es krim. Dalam bahasa Inggris di mana kapulaga dinamakan cardamom, dan orang Inggris menjuluki rempah kapulaga sebagai grains of paradise dikarenakan aroma wangi yang khas dari kapulaga.

Mulai dari resep kue cupcake hingga puding adalah bisa memanfaatkan kapulaga sebagai bahan resep kue di dalamnya. Pengetahuan resep kue menarik yang ada pada situs Inspiring The Everyday, Cardamom Spices Cupcake, sebanyak 1 sendok makan kapulaga bubuk adalah menjadi bagian pada resep cupcake tersebut. Tidak hanya tersedia dalam bentuk biji kapulaga, di mana kapulaga pun ada yang berupa bubuk kapulaga atau disebut juga ground cardamom powder.  


Mengenal lebih dekat tanaman kapulaga, bersumber dari Wikipedia, tanaman kapulaga adalah banyak tumbuh di Indonesia khususnya di provinsi Jawa Barat dan kepulauan Sumatera bagian selatan. Masyarakat Jawa Barat menyebut tanaman ini dengan istilah pohon kapol dengan bahasa ilmiahnya adalah Elletria Cardamomum

Walaupun banyak ditanam di Indonesia namun asal muasal tanaman kapulaga ini justru bermula ialah dari India dan Srilanka, di mana pedagang bangsa Arab yang mempopulerkan kapulaga sebagai bumbu masak dan juga bahan kue hingga sampai ke benua Eropa. Tampak gambar di atas adalah tanaman kapulaga yang ditanam sebagai tanaman rempah tumpang sari dengan pohon buah pepaya.  

Manfaat kapulaga sebagai bahan kue sehat? Ragam penelitian juga menyatakan bilamana kapulaga dapat memberikan manfaat sehat untuk tubuh manusia sehingga kapulaga banyak dipergunakan pula pada industri pembuatan jamu. Bersumber daripada situs Media Indonesia, kapulaga adalah kaya akan kandungan kimia yaitu minyak terbang sineol, terpineol dan alfaborneol, beta-kamper, protein, gula, lemak dan silikat. Hampir seluruh bagian  tanaman kapulaga dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh manusia, beberapa diantaranya ialah:

Bagi yang mengalami kejang perut atau rematik, akar tanaman kapulaga direbus selama lebih kurang 15 menit kemudian saring terlebih dahulu air rebusannya sebelum diminum. Untuk yang mengalami demam di mana rebusan batang tanaman kapulaga diketahui dapat menurunkan panas. Mengunyah buah kapulaga kering dianjurkan bagi penderita batuk sedangkan buah kapulaga yang direbus ialah membantu untuk mencegah mual. 

Bermasalah dengan bau badan? Rebus rimpang kapulaga untuk diminum air saringannya. Demikian juga manfaat kapulaga untuk pengobatan jenis penyakit lainnya sepert radang amandel, gangguan haid, kapulaga sebagai obat kumur, influenza, radang lambung, sesak napas, badan lemah dan masih banyak lagi pastinya.


Bersumber dari situs Food Info, tahukah pembaca jika minuman kopi beraroma kapulaga merupakan simbol keramah-tamahan bangsa Arab? Selain masakan Timur Tengah yang juga banyak mempergunakan biji kapulaga. Kopi beraroma Kapulaga yang dapat disiapkan dengan mudah yaitu dengan menambahkan biji kapulaga segar ke dalam kopi bubuk ataupun direndam dalam wadah teko yang berisikan kopi panas.

Bersumber dari situs Natural Home Remedies, Cardamom Milk For Health Tonic, biji kapulaga sebagai campuran bahan minuman tonik alami yang bermanfaat meningkatkan daya ingat otak atau mencegah kepikunan. Satu sendok teh biji kapulaga direbus dengan 100 ml susu dan biarkan tiris untuk kemudian dicampur sedikit madu yang dijadikan minuman rutin setiap malam hari menjelang waktu tidur.  

Biji kapulaga untuk bahan scrub kecantikan rempah herbal? Resep aslinya ada pada situs The Naturalista, Coconut, Vanilla and Cardamom Body Scrub. Alasan mengapa biji kapulaga bermanfaat untuk perawatan kulit sebagaimana penjelasan yang didapat dari situs Style Craze, biji kapulaga yang sebatas diketahui manfaatnya untuk aroma masakan Timur Tengah dan kesehatan namun ternyata bermanfaat juga untuk kecantikan sebagaimana buah vanilla bean.

Bubuk Kayumanis Ternyata Bahan Kue Sehat

Biji kapulaga yang dijadikan bahan scrub membersihkan racun pada kulit tubuh dan mencerahkan kulit. Sifat antibakteri yang terkandung pada biji kapulaga kemudian juga fungsi biji kapulaga yang menjaga kelembaban kulit. Biji kapulaga yang diblender kemudian dijadikan bahan scrub pada kulit tubuh memberikan nutrisi untuk kesehatan kulit serta memperlancar peredaran darah. Biji kapulaga yang kaya mineral dan vitamin seperti vitamin A, B, C, niasin dan riboflavinl Hal ini juga membantu dalam detoksifikasi dengan membuang racun dari dalam tubuh.

Resep es krim sehat beraroma rempah kapulaga, sebagaimana informasi yang didapat dari Detik Food, mengkonsumsi es krim yang mengandung bubuk kapulaga atau cardamom powder diyakini merupakan food orgasm yang dapat meningkatkan gairah seks. Es krim bubuk kapulaga yang dapat digolongkan sebagai jenis es krim afrodisiak atau es krim pembangkit gairah dan juga penambah stamina.