Manfaat Gliserin Sebagai Bahan Resep Kue

Memanfaatkan gliserin sebagai bahan resep kue? Manfaat gliserin yang mungkin sebatas diketahui sebagai bahan produk kosmetik. Menyambung posting blog terdahulu tentang Vanilla Vegetable Glycerin dan Halal Vanilla Extract, vegetable glycerin yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pelarut pengganti alkohol pada proses ekstraksi herbal rempah. 

Berikut adalah sumber informasi lainnya tentang manfaat glycerin sebagai bahan pelarut substitusi alkohol pada pembuatan ekstrak vanilla, Global Healing Center, bahkan vegetable glycerin yang ternyata jauh lebih baik sebagai pelarut pada pembuatan ekstrak herbal, rempah dan tumbuhan dibandingkan larutan alkohol.


Penjelasan situs terkait, penggunaan alkohol sebagai pelarut menimbulkan efek samping yang merugikan diantaranya racun bagi tubuh. Penggunaan vegetable glycerin pada proses ekstraksi herbal dan tumbuh-tumbuhan yang mempertahankan aromatik, enzim dan polisakarida jauh lebih baik dibandingkan proses ekstraksi dengan menggunakan alkohol.

Cara Membuat Halal Vanilla Extract

Amankah Glycerin untuk Bahan Resep Kue?

Masih bersumber dari situs Global Healing Center, menjadikan alkohol sebagai pelarut pada ekstraksi herbal dan tumbuhan tidaklah baik untuk kesehatan, alkohol yang mengkonversi gula dengan sangat cepat sehingga akan memperburuk bagi penderita kondisi diabetes. Berbeda dengan vegetable glycerin sebagai pelarut ekstrak yang mengkonversi gula dengan lebih lambat sehingga mencegah lonjakan gula darah.

Alkohol memang efektif membunuh bakteri, namun pemanfaatan alkohol sebagai pelarut ekstrak juga menghilangkan senyawa yang ada pada herbal dan tumbuhan, berbeda dengan vegetable glycerin yang menghilangkan bakteri dan spora kelembapan namun tetap mempertahankan aromatik, rasa dan senyawa bermanfaat yang ada pada proses ekstraksi herbal dan tumbuhan.