Amankah Glycerin Untuk Bahan Kue?

Manfaat vegetable glycerin atau gliserin sayuran sebagai bahan campuran resep halal vanilla extract? Pembuatan vanilla ekstrak yang mudah didapat resep rumahannya. 

Resep ekstrak vanilla via youtube diantaranya, homemade vanilla extract recipes, bahan utama berupa vanilla bean yang terlebih dahulu dikeluarkan biji bagian dalamnya kemudian dimasukkan ke dalam suatu botol minuman yang mengandung alkohol seperti vodka ataupun brandy beserta kulit batang vanilla, diamkan selama 2 hingga 3 minggu untuk terjadinya reaksi flavor vanillin, cairan ekstrak pun menjadi lebih menyengat dan jumlahnya makin banyak dalam bentuk cairan yang siap untuk digunakan, pertanyaannya halalkah produk terkait?


Gliserin dari lemak hewani seperti sapi, ataupun juga gliserin dari lemak nabati seperti  kelapa sawit dan sayuran, gliserin yang berasal dari lemak nabati inilah yang ternyata bersama vanilla bean berdasar studi literature dan hasil penelusuran yang dilakukan diketahui bisa digunakan sebagai bahan pengganti atau substitusi alkohol pada pembuatan resep halal vanilla extract. Pertanyaan berikutnya adalah amankah vegetable glycerin atau gliserin sayuran ini untuk dijadikan sebagai bahan kue?

 
Gliserin sayuran adalah yang umumnya banyak digunakan sebagai bahan dalam resep makanan untuk dipasarkan, gliserin sayuran yang dikenal sebagai rendah karbohidrat untuk menjaga kemanisan. Gliserin sayuran yang juga tidak memberikan kontribusi terhadap kerusakan gigi akibat bakteri. Gliserin sayuran pun dapat digunakan sebagai pengganti alkohol dalam membuat ekstrak botani. Keuntungannya adalah bahwa bagi Kita yang tidak ingin mengkonsumsi alkohol masih dapat memiliki akses ke produk ekstraks botani. Sedangkan kerugiannya adalah bahwa produk yang dihasilkan dengan penggunaan gliserin memiliki ketahanan produk yang jauh lebih singkat. 

Sebuah informasi menarik yang didapat dari situs Gourmet Sleuth yang membahas tentang Glycerin, pemanfaatan glycerin baik itu gliserin nabati ataupun gliserin hewani dalam resep makanan tak ubahnya seperti sirup pada proses pembuatan permen, menjaga kelembapan dan meningkatkan rasa manis, food grade glycerin demikian istilah bagi gliserin yang diperuntukkan sebagai bahan kue dan resep makanan. 

Lalu bagaimana jika food grade glycerin sulit didapat di pasaran khususnya bagi semacam Kita yang tinggal di Indonesia? Penggunaan sirup jagung atau corn syrup dapat menjadi bahan pengganti sebagaimana pembahasan pada situs terkait. Produk glycerin yang terbagi dalam grade untuk peruntukkannya, food grade yaitu khusus hanya untuk bahan makanan ataupun pharmacy grade untuk kosmetik dan obat-obatan namun tetap diperbolehkan sebagai campuran pada bahan makanan
 
Produk glycerin terkandung pada bahan kosmetik dan produk kecantikan lainnya? Apakah ini berarti gliserin menjadi berbahaya untuk dikonsumsi? Sebagaimana uraian di atas, gliserin adalah bisa didapat baik dari lemak nabati ataupun hewani dan terbagi menjadi grade tertentu sesuai fungsi dan peruntukkannya, tak ubahnya seperti susu kambing yang selain nikmat untuk diminum namun bermanfaat pula untuk perawatan kecantikan. 

Beberapa manfaat glycerin untuk perawatan kecantikan, pengetahuan yang didapat dari situs Sidomi sebagaimana berita yang dilansir dari Bodsky, glycerin pada produk kecantikan yang bertujuan untuk mencerahkan kulit, glycerin yang memberikan perlindungan dari terik sinar matahari dan juga membantu menghilangkan kotoran dari permukaan kulit. Cairan glycerin yang dapat dipergunakan langsung ataupun dicampur dengan bahan lainnya untuk hasil yang optimal. Glycerin yang sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit sehingga glycerin yang banyak terkandung pada produk kecantikan seperti lotion dan hand body. Satu hal yang patut diingat, sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter kulit dan kecantikan sebelum penggunaan. 

Hasil penelusuran yang coba dilakukan tentang bahan atau zat aditif yang biasa ditambahkan pada makanan dengan tujuan untuk memperbaiki warna, rasa, bentuk, dan memperpanjang masa penyimpanan, pilihannya selalu ada 2 (dua) baik itu untuk aditif pengawet, aditif pewarna, aditif pemanis atau aditif penyedap, berujung pada 2 (dua) pilihan untuk bahan resep makanan yang hendak Kita buat, apakah hendak digunakan aditif alami atau lebih memilih aditif buatan (sintetis). 

Resep membuat halal vanilla extract atau ekstrak vanili halal dengan menggunakan vegetable glycerin? Informasi yang didapat dari Bulk Herb Store untuk resep ekstrak vanili bebas alkohol dengan vegetable glycerin khusus Food Grade, bahan yang dibutuhkan adalah cukup 8 batang buah vanilla bean dan 16 ounces vegetable glycerin, 1 ounces = 28,35 gram.  

    Vanilla Bean/ Vanili Stick/ Vanili Batangan

    Sayat melintang buah vanilla bean dan keluarkan biji bagian dalamnya untuk kemudian dimasukkan ke dalam wadah toples berisikan vegetable glycerin, kulit sisa sayatan juga dimasukkan ke dalam toples vegetable glycerin. Tutup dan biarkan selama 6 (enam) minggu. Halal vanilla extract dengan bahan vanilla bean dan vegetable glycerin dapat tahan hingga 1 (satu) tahun. Suatu kebanggaan jika produk Vegetable Glycerin yang dijual pada situs Bulk Herb Store terkait adalah dibuat dari Minyak Kelapa Sawit atau Palm Oil yang dibudidayakan di Indonesia.  

    Pengetahuan Ekstrak Vanilla 

    Pengetahuan Flavor Vanilla Imitasi 

    Buah vanilla bermanfaat untuk obat sakit kepala? Bagaimana caranya? Sumber yang didapat dari situs departemen kesehatan, potong kecil-kecil buah vanilla kering dan rendam dalam segelas air matang panas. Buah, batang dan daun Vanilla mengandung vanillin, saponin serta polifenol. 

    Buah Vanilla Dihaluskan menjadi Bubuk Vanili Asli
    Beli Di sini, Vanilla Bubuk Asli 

    Hasil penelitian di laboratorium belum lama ini menyatakan bahwa vanillin dapat menjadi semacam anti kanker dan bahkan menghentikan pertumbuhan sel daripada kanker itu sendiri. Masih tentang vanillin yang terkandung dalam vanilla, hasil penelitian itu ternyata juga menunjukkan bila vanillin memiliki aktivitas antioksidan yang dapat mengimbangi beberapa kerusakan oksidatif pada penderita penyakit seperti Alzheimer, Health Benefits of Vanilla Beans. 

    Polifenol merupakan antioksidan jenis bioflavonoid yang 100 kali lebih efektif dari vitamin C dan 25 kali dari vitamin E, manfaat Polifenol diantaranya adalah menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan dan kadar gula darah, membantu kerja ginjal dan mencegah terjadinya batu empedu, memperlancar pencernaan, melarutkan lemak dan mencegah kolesterol jahat. Sebagaimana pengetahuan yang bersumber dari Dechacare. Lalu bagaimana dengan Saponin? Saponin sendiri dari penelusuran penulis memiliki manfaat sebagai antikanker, menurunkan kolestrol dan meningkatkan daya tahan tubuh.