Madu Hutan Organik Dari Bunga Kaliandra

Bermaksud mencoba resep kue menggunakan manisnya madu pada bahan adonan? Dari hasil penelusuran, dikenal 2 (dua) jenis madu yang marak dipasarkan, pertama adalah madu hutan yang dikenal dengan sebutan madu organik (organic bee), kemudian kedua ialah madu ternak. Lalu apa sebenarnya perbedaan antara madu hutan yang disebut madu organik dengan madu ternak? Sehatkah keduanya untuk dikonsumsi dan dijadikan bahan resep kue sehat?

Perbedaan madu hutan dengan madu ternak adalah, madu ternak berasal dari lebah madu yang sengaja diternakkan di suatu tempat, peternak lebah biasanya akan membuat sarang lebah artificial berupa kotak yang terbuat dari bahan kayu sebagai tempat tinggal bagi  ratu lebah dan lebah pekerja. Lebah pun akan mencari makanan dari aneka bunga tanaman dan pepohonan yang tidak jauh dari kotak. Sedangkan madu hutan ialah madu yang didapat dari lebah yang bersarang di hutan ataupun madu ternak yang dipelihara di kawasan sekitar hutan kemudian memakan nektar bunga dari tanaman maupun pepohonan yang ada di hutan.

Madu hutan disebut juga madu organik? Makanan lebah berupa nektar bunga di sekitar hutan umumnya adalah tanaman dan pepohonan yang minim perlakuan bahan kimia, ini yang menjadikan madu hutan disebut juga madu organik. Nektar bunga pohon Kaliandra dari ragam hasil penelitian diketahui sebagai makanan yang sangat disukai lebah, nektar bunga Kaliandra yang akhirnya menghasilkan madu organik dari bunga Kaliandra.    


Pohon Kaliandra sendiri sebenarnya berasal dari Meksiko namun banyak ditanam pada kawasan hutan dan perkebunan di Indonesia, selain nektar bunga Kaliandra yang sangat disukai lebah madu, daun Kaliandra bermanfaat untuk pakan hijauan ternak, sedangkan ranting dan batang pohon Kaliandra dikenal sebagai sumber kayu bakar.  Penelitian yang dilakukan di Uganda, penanaman pohon Kaliandra yang bunganya disukai lebah menjadikan produksi madu lebah pun meningkat.  

Dikenal hampir 200 varietas pohon kaliandra di dunia yang mulai dibudidayakan sebagai tanaman hias karena keindahan bunganya, namun yang mudah dijumpai di Indonesia ialah kaliandra untuk penghijauan yaitu pohon kaliandra berbunga putih dan pohon kaliandra berbunga merah dengan nama latin Caliandra callothyrsus.  

Berbahayakah madu hutan Kaliandra jika dijadikan bahan adonan pada resep kue sehat? Maklum saja, manisnya madu masih menjadi ketakutan pada penderita diabetes. Bersumber dari situs Terapi Diabetes Melitus, hasil penelitian yang dilakukan oleh Waili dan telah dipublikasikan dalam The Journal of Medical Food tahun 2004, madu murni tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah, adapun yang dimaksud dengan madu murni dalam penelitian adalah madu yang kandungan gulanya murni dari madu itu sendiri dan tidak ada campuran pemanis lainnya. Madu murni justru merupakan herbal yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.Ingin tahu lebih banyak manfaat madu bagi kesehatan tubuh manusia? Baca juga Cara Diet Sehat Dengan Madu dan Bubuk Kayu Manis.