Membuat Kue Dengan Flavor Vanilla Imitasi?

Bagi pembaca yang hobi dalam mencoba aneka ragam resep kue dan masakan, semoga tulisan berikut dapat memberikan manfaat, tulisan yang dibuat bersumber dari artikel pada situs LiveStrong ditulis oleh Nicki Wolf dengan judul keuntungan dan kerugian penggunaan flavor vanilla imitasi. Flavor atau aroma vanilla yang menjadi favorit pada aneka resep makanan dan minuman.

Membuat kue tanpa flavor vanilla ibarat memasak sayur tanpa garam, sehingga wajar flavor vanilla menjadi favorit pada setiap pembuatan resep kue khususnya skala dapur rumahan, produk imitasi vanilla/ vanillin artificial atau vanili imitasi, sintetis maupun artificial adalah yang sering banyak digunakan disebabkan harganya yang murah dan wangi aromanya yang lebih terasa. 

Tidak hanya keunggulan harga pada produk vanili imitasi ini, dikarenakan buatan pabrik maka wajar komposisi campuran bahan kimia yang digunakan lebih tertakar untuk menciptakan aroma vanilla yang kuat dan khas, namun adakah kekurangan daripada produk imitasi vanilla ini? Ingat loh, murah belum tentu menjadi jaminan sehat, halal dan aman untuk dikonsumsi!


Bersumber dari artikel terkait di atas, produk imitasi vanilla adalah mengandung takaran vitamin dan mineral yang rendah, sebaiknya tidak mengandalkan imitasi vanilla sebagai flavor atau perasa apabila Kita ingin menyatakan bahwa kue yang Kita buat adalah jenis makanan sehat! Produk imitasi vanilla umumnya mengandung alkohol dalam proses pembuatannya, walaupun banyak pabrik yang menyatakan bila kadar prosentase alkohol yang digunakan adalah sedikit dan akan menguap seiring proses pembuatan kue, apa iya ya? 

Memberikan flavor pada bahan resep kue dengan produk vanili alami? Vanilla Bean Paste salah satu caranya atau dengan membuat produk vanilla pasta rumahan, sebagaimana Kita tahu fungsi pasta pada resep kue yaitu sebagai pemberi aroma atau perasa dan juga warna.Tidak hanya dengan membuat produk vanilla bean paste sendiri, termasuk juga sirup vanilla serbaguna yang bisa dibuat dari buah vanilla.
    Yang jelas kekeliruan telah terjadi selama ini terhadap aroma vanilla yang asli atau sebenarnya akibat terbiasanya penggunaan produk imitasi vanilla, aroma vanilla yang muncul pada produk imitasi vanilla ialah bukan aroma vanilla! 

    Flavor imitasi vanilla muncul dikarenakan lignin vanillin, apakah itu lignin vanillin? Lignin vanillin adalah suatu senyawa kimia yang dihasilkan yang meniru aroma vanilla namun bisa lebih menyengat. Lignin vanillin diantaranya biasa dibuat dengan menggunakan limbah yang dihasilkan dalam industri manufaktur kertas. Beberapa perasa vanili juga mengandung gliserin atau basis glikol. Semuanya bergantung pembaca, tetap setia pada produk imitasi vanilla atau segera beralih menggunakan produk vanili alami?

    Berikut adalah cara membuat pasta kue alami dari buah vanilla, sayat melintang batang buah vanilla dan keluarkan isi biji bagian dalamnya yang berwarna kehitaman. Siapkan 500 ml air pada wadah panci dan nyalakan api kompor sedang kemudian tunggu hingga air mendidih. Setelah air mendidih, masukkan batang vanilla bean berikut bijinya yang sudah dikeluarkan, kecilkan nyala api bilamana air sudah mendidih.


    Siapkan 500 gram gula pasir dan masukkan bertahap ke dalam wadah panci yang sudah berisikan batang dan biji buah vanilla sembari dilakukan pengadukan hingga mengental. Masukkan juga 100 gram vanilla bubuk alami pada wadah panci dengan cara yang sama ketika memasukkan gula pasir yaitu bertahap sembari dilakukan pengadukan. 


    Resep Kue Sus Vla Vanilla 

    Resep Cupcake Rasa Vanilla

    Jika kekentalan sudah terlihat, siapkan 2 buah jeruk nipis dan masukkan perasan airnya pada adonan, lanjutkan kembali pengadukan sebelum nyala api dimatikan. Tiriskan pasta vanilla yang sudah dibuat. Saring terlebih dahulu pasta vanilla pada panci sebelum dimasukkan ke dalam toples jar dan disimpan di dalam kulkas. Daya Tahan Pasta Vanilla dalam Kulkas bisa mencapai 6 hingga 8 Bulan sebagai flavor alami untuk bahan kue.  


    Bagaimana dengan resep membuat ekstrak vanilla? Bahan yang dibutuhkan adalah cukup 4 (empat) buah batang vanilla bean yang dikeluarkan biji hitam dalamnya dan 250 gram larutan vegetable glycerin sebagai substitusi alkohol. 

    Biji Vanilla Bean Terkandung Pada Buah Vanilla Alami

    Campurkan biji hitam vanilla bean yang sudah dikeluarkan ke dalam mangkok yang berisikan vegetable glycerin food grade, produk vegetable glycerin food grade yang umumnya tersedia pada toko kue. Setelah tercampur, masukkan campuran biji hitam vanilla dan vegetable glycerin ke dalam botol plastik. Tutup rapat dan simpan dalam lemari makanan selama 6 minggu. Kulit batang vanilla bean juga bisa dimasukkan dalam botol bersama biji vanilla hitam. Jangan buka tutup botol selama 6 minggu, pada minggu pertama akan mulai tercium aroma wangi vanilla bean seperti merek produk pasta vanilla yang beredar di pasaran.


     

    Flavor vanilla bisa digunakan untuk umpan memancing ikan? Aroma vanilla ternyata bisa membuat ikan lebih tertarik untuk memakan umpan pancingan, olehkarenanya banyak mancing mania yang mencampurkan flavor vanilla baik dalam bentuk vanilla extract, vanilla essence ataupun vanili bubuk ke dalam bahan adonan untuk membuat umpan ikan. Termasuk flavor vanilla yang sering digunakan untuk menghilangkan bau amis pada resep masakan ikan dan bau daging ikan pada microwave.


    Rekomendasi pemesanan vanilla batangan dan juga bubuk,
    Link Beli Vanilla Bubuk Asli 

    Buah vanilla bean yang selain juga bisa dikonsumi berupa vanili stick ataupun vanili batangan untuk diambil biji bagian dalamnya adalah bisa juga dalam bentuk vanilla bubuk. Bubuk vanilla asli adalah berwarna layaknya sama dengan vanilla bean yaitu coklat kehitaman. Bubuk vanilla asli dibuat dengan mengeringkan vanili stick ataupun vanili batangan hingga mudah untuk digrinder atau digiling, proses pengeringan vanili stick ataupun vanili batangan yang bisa dengan sinar matahari ataupun juga oven. Sayangnya adalah konsumen yang lebih cenderung memilih vanili bubuk imitasi dibandingkan vanili bubuk asli disebabkan aroma sebagaimana penjelasan di atas.  

    Bubuk vanilla asli yang biasa dikenal dengan sebutan Pure Vanilla Powder atau juga Ground Vanilla Powder. Flavor vanilla pada bubuk vanilla yang bisa diaplikasikan juga pada aneka resep kue, masakan dan makanan hingga es krim serta minuman. Di Eropa, vanilla powder dicampur gula castor sehingga menjadi vanilla sugar merupakan bumbu wajib pada ragam resep kuliner. Termasuk bubuk vanilla asli sebagai salah satu bahan yang direkomendasikan untuk MPASI atau Makanan Pendamping ASI berupa resep bubur untuk bayi. Bubuk vanilla natural, alami atau asli yang dimanfaatkan pula oleh industri kecantikan dan kosmetik sebagai bahan pelembap bibir, scrub dan pembuatan sabun hingga lilin aromaterapi. Pengetahuan sebelumnya pada Teknik Glasir Kue Dengan Gula Vanilla.