Bandrek Susu Vanilla Khas Bandung

Alhamdullilah, turun hujan di hari-hari terakhir bulan Ramadhan. Paling enak buat minuman hangat tetap di rumah aja, pas lihat di dapur, masih ada Bandrek Abah oleh-oleh suami waktu tugas ke Bandung, jadi pengen buat minuman hangat bandrek susu vanilla. Bandrek, minuman tradisional dari provinsi Jawa Barat, terbuat dari aneka macam jenis rempah untuk memberikan efek hangat, racikan banyak rempah seperti jahe, lada, kayu manis, cengkeh, daun pandan, gula merah dan garam. 

5 sendok makan bandrek abah
1/2 sendok teh vanili bubuk asli
5 sendok makan susu kental manis
1/2 liter air matang


Masukkan bahan di atas ke dalam blender, kecuali air matang, dan blender selama 3 menit. Setelah itu, pindahkan ke wadah panci, masukkan 1/2 liter air matang dan masak hingga mendidih, bandrek susu vanilla siap untuk dihidangkan sebagai minuman.  


Untuk vanili bubuk bisa juga diganti 2 batang vanilla stick kalau susah didapet, kerik dan ambil dulu bijinya, tapi kalau Saya pake Vanilla Bubuk@KantinOrganik yang bisa dibeli online. Terus karena ini pake vanili asli, jangan kaget kalau ada bercak-bercak hitam pada minumannya ya. Bukan hanya pas dihidangkan dalam keadaan panas loh, tapi bisa juga dalam kondisi dingin dicampur es batu ya.

Bila di rumah tidak ada bandrek, bisa dibuat sendiri kok sebenarnya, ini resep dan caranya, 1 liter air matang, daun pandan sebanyak 2 lembar, cengkeh sebanyak 5 butir, 100 gram jahe yang sudah dibakar dan dimemarkan, gula merah disisir halus sebanyak 200 gram, kayu manis 5 cm dan 1/2 sendok teh garam. Masukkan semua bahan ke dalam air lalu rebus hingga mendidih dan mengeluarkan aroma bandrek, angkat dan kemudian disaring, jadi deh biang untuk minuman bandrek. Resep minuman sehat lainnya, Jus Sehat Daun Suji.