Jus Sehat Daun Suji

Masih ingat posting blog terdahulu, pewarna alami dari daun suji? Dibandingkan dengan daun pandan, warna hijau yang dihasilkan oleh daun suji memang akan jauh lebih baik. Namun kelemahannya adalah daun suji yang tidak mengeluarkan aroma pada bahan kue yang berbeda dengan daun pandan, olehkarenanya penggunaan pewarna daun suji pada bahan kue yang bisa dicampur dengan daun pandan ataupun vanili bubuk, karena julukan pandan sendiri adalah vanilla of the east.


Cara membuat pewarna alami dari daun suji yang tidaklah sulit, siapkan 10 helai daun suji yang sudah tua dan diblender dengan 100 ml air, bisa bersama dengan pandan. Mengapa dipilih daun suji yang sudah tua? Kandungan klorofil atau zat hijau daun yang ternyata lebih banyak pada daun suji yang sudah tua, kemudian semakin banyak air yang digunakan akan membuat warnanya lebih muda. 

Coba juga untuk membuat jus daun suji yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dilansir dari laman The Global Biodiversity Information Facility, daun suji dimanfaatkan mengatasi disentri, keputihan, gonore dan dianggap sebagai galactagogue. Bila ingin beli daun suji di sini aja, Pewarna Alami Daun Suji.   

Manfaat kesehatan lainnya dari daun suji, sebagaimana dikutip dari Dokter Sehat, daun suji diketahui memiliki aktivitas hipokolesterolemik yang artinya menurunkan kolesterol. Daun suji yang kaya akan kandungan antioksidan seperti alkaloid, flavinoid, terpenoid, saponon, tanin, polifenol, dan masih banyak lagi. Manfaat daun suji untuk pengobatan asma dan gangguan pernafasan. Manfaat rebusan daun suji yang bisa meningkatkan nafsu makan. Daun suji dianggap sebagai galactagogue, atau daun suji yang dapat meningkatkan laktasi pada manusia maupun hewan. Hal ini lah yang membuat daun suji dianggap mampu untuk meningkatkan produksi ASI. Posting blog terdahulu tentang Resep Kue Putu Ayu dengan Pewarna Daun Suji.