Resep Vanilla Chicken Katsu

Teringat resep lawas ayam KFC Kolonel Sanders, katanya nih resep asli ayam KFC adalah menggunakan vanilla bubuk asli atau ground vanilla powder, Colonel Sanders used ground vanilla powder in his time, tapi bukan resep ayam KFC yang mau Kita buat, anak-anak minta dibuatkan chicken katsu buat menu buka puasa terakhir. Vanilla powder atau vanilla bubuk di sini yang dipakai sebagai salah satu bumbu marinasi daging ayam pada resep vanilla chicken katsu.


Bahan Resep Disiapkan
1/2 kilogram dada ayam fillet
1/4 sendok teh lada bubuk
1/2 sendok teh garam
1 sendok makan vanili bubuk asli
100 ml susu cair
2 butir telur ayam
5 sendok makan tepung terigu
1/4 kilogram tepung roti
1/8 sendok teh kaldu ayam bubuk


Daging ayam fillet sudah empuk, tapi agar lebih empuk dan pipih sebaiknya dipukul-pukul lagi dengan alat pemukul. Sesudah itu, beri lada bubuk kemudian garam pada tiap sisi-sisinya, dan terakhir baru taburan vanilla bubuk asli secara merata, diamkan selama 30 menit agar bumbu lada, garam kemudian vanilla bubuk meresap. 

Beli vanilla bubuk bisa Online di sini, 
Vanilla Powder Bubuk Organik Sachet.  


Kocok telur dan juga susu pada satu tempat dan sisihkan, untuk menghilangkan bau amis, bisa tambahkan lagi sedikit lada bubuk dan garam pada kocokan telur dan juga susu. Di tempat lain nih, campurkan tepung terigu dan kaldu ayam bubuk. Sudah bisa dimulai deh proses pencelupan, ambil sepotong dada ayam, celupkan ke kocokan telur, angkat, lalu celupkan lagi ke tepung terigu, angkat, sesudah itu celupkan lagi ke kocokan telur.


Gulingkan ayam ke tepung roti, bolak-balik sembari ditekan-tekan ya agar menempel. Kalau Saya, daging ayam yang sudah terbalur tepung roti tidak langsung digoreng, dapat tips dari tukang ayam goreng sebaiknya disimpan dalam freezer kulkas dahulu minimal 1 jam, sesudah itu baru digoreng.
  

Panaskan minyak goreng dengan api sedang, goreng ayam hingga warna kuning keemasan. Setelah itu ayam diangkat dan ditiriskan, potong-potong daging ayam sesuai selera dan sajikan dengan saus mayones. Selamat mencoba!   


Apa itu bumbu marinasi? Marinasi adalah proses perendaman daging di dalam marinade, sebelum diolah lebih lanjut. Marinate adalah nama populer dari cairan ataupun bubuk berbumbu yang berfungsi sebagai perendam lauk, biasanya digunakan untuk menambahkan rasa dan meningkatkan keempukan daging. Rempah bubuk seperti lada, kayu manis ataupun vanilla yang bersama garam sering digunakan sebagai bumbu marinasi, vanilla marinade. Posting blog terdahulu, Acar with Vanilla Salt.    


Resep ayam KFC asli pake vanilla bubuk? Tapi vanili bubuk asli ya, bukan vanili bubuk imitasi yang warna putih. Vanili bubuk asli yang juga biasa disebut vanilla powder atau ground vanilla powder maupun ground vanilla beans kalau di luar negeri. Pengetahuannya yang baru saja Saya dapat dari Just A Fat Boi, KFC’s Secret Recipe, the Da Vinci Code of fried chicken – Food Origins, racikan bumbu rempah seperti lada, vanilla dan kapulaga adalah kunci resep lawas ayam KFC peninggalan Kolonel Sanders, diceritakan juga pada artikel ini tentang sejarah restoran waralaba KFC.