Cara Marinasi Daging Ayam with Vanilla

Cara marinasi daging ayam with Vanilla. Bubuk vanilla yang bukan hanya untuk baking atau bahan pewangi kue saja loh ternyata, di luar negeri, bubuk vanilla, garam, kulit jeruk nipis maupun kulit lemon yang biasa dijadikan bahan bumbu marinasi agar membuat daging ayam lebih empuk. Manfaat bubuk vanilla lainnya untuk menghilangkan bau amis pada daging. Bubuk vanilla asli yang biasa disebut vanilla powder, ground vanilla bean juga ground vanilla powder dengan warnanya yang coklat kehitaman.  

Dilansir dari situs SBS, Vanilla-and-lime chicken skewers, Dan Coward, Ayam lezat dan empuk yang direndam dalam garam vanili dan kulit jeruk nipis sangat enak sebagai hidangan pembuka atau tambahan yang bagus untuk menu barbekyu. "Di kepalaku, aku biasanya tidak menyatukan jeruk nipis dan vanila, tapi hidangan yang cerah dan berangin ini sepertinya cocok untuk dinikmati di hari yang hangat di barbekyu. Jadi, kamu akan menginginkan putih ramah luar ruangan untuk ditemani. Tidak perlu khawatir tentang lemak, cabai panas, atau saus berat sehingga Anda dapat memilih putih yang halus dan bersih. Ini adalah kunjungan kedua seri ini ke varietas Gruner Veltliner Austria karena saya pikir ia memiliki sifat ramah-makanan. Ini mengingatkan kita pada buah jeruk dan batu muda yang ditaburi dengan lada putih pedas, sehingga Anda mendapatkan bunga dan banyak rasa segar dan bersih dan keasaman - pasti yang bisa dicoba jika Anda mendapat kesempatan." - Dan Coward 


Vanilla bubuk langsung dipergunakan sebagai bumbu marinasi, seperti pada resep ayam jepang yaitu Vanilla Chicken Katsu, taburkan 1 sendok makan vanilla bubuk pada 1/2 kilogram daging ayam fillet, ditabur bersama dengan 1/4 sendok teh lada bubuk dan 1/2 sendok teh garam. Diamkan selama 30 menit agar flavor lada bubuk dan vanilla menyerap pada daging ayam. 

Dilansir dari situs FoodFireFriends, How Long to Marinate Chicken for Perfect Flavor Penetration, untuk dada ayam tanpa kulit, mungkin untuk menambahkan bumbu yang enak hanya dalam 30 menit, terutama jika Anda menyodok beberapa lubang di permukaan untuk memungkinkan bumbu meresap. Namun, Anda akan mencapai hasil yang lebih enak, jika dibiarkan selama 2 jam.

Cara lainnya yang tidak kalah mudah dan tinggal menggunakan, buat dulu campuran vanilla bubuk dan garam, dikenal dengan nama ground vanilla salt, vanilla salt maupun vanilla powder salt, caranya adalah 1 sendok makan vanilla bubuk asli yang dicampurkan dengan 250 garam, bisa itu garam dapur, garam gunung termasuk garam laut. Kalau Saya sih biasa pakai garam laut atau sea salt. Tempatkan dalam wadah toples tertutup dan biarkan selama 1 minggu. Vanilla salt atau garam vanilla yang siap digunakan sebagai bumbu marinasi bersama bahan lainnya. Saya sendiri biasa memakai vanilla bubuk dari link ini, Vanilla Bubuk Kantin Organik.