Membuat Pasta Vanilla Bean Enak Dan Murah

Alhamdullilah, akhirnya kesampaian coba membuat pasta vanilla bean enak dan murah di rumah. Harga buah vanilla bean yang mahal, iseng coba resep pasta vanilla namun dengan bahan utama yaitu vanilla powder atau vanilla bubuk yang jauh lebih murah, udah gitu enggak perlu repot sayat vanilla bean batangan untuk mengeluarkan biji vanilla, resep membuat pasta vanilla enak, murah dan gampang tanpa vanilla stick atau vanilla bean batangan!


Harga vanilla powder atau bubuk bisa lebih murah karena dibuat dari buah vanilla bean bukan kualitas ekspor, biasanya karena ukurannya yang pendek atau buah sudah pecah karena terlampau matang. Udah gitu nih, coba lihat-lihat resep membuat vanilla bean paste di luar negeri yang kebanyakan digrinder dulu, jadi kenapa harus repot keluar uang banyak dan beli vanilla bean mahal? Resep di bawah ini diposting juga pada Cookpad.

Bahan Resep Pasta Vanilla Enak
70 gram gula pasir, 70 ml air matang
1 sendok teh tepung maizena
1 sendok teh air jeruk nipis
15 gram vanilla bubuk organik asli


Resep vanilla paste pake vanilla bubuk yang lebih murah dibanding pake vanilla bean, beli vanilla bubuk asli di Kantin Organik, kemasan 50 gram cuman 90 ribuan rupiah lebih dikit, yang dipake pada resep vanilla paste cuman 15 gram, nah versus harga vanilla bean yang dijual online rata-rata 80 sampe 100 ribuan kemasan 10 gram, ya kalau dihitung-hitung food cost memang lebih murah kalau pake vanilla bubuk. Sisa vanilla bubuk bisa dipake untuk bahan resep baking ataupun memasak yang lain, misal seperti Resep Vanilla Chicken Katsu. Lalu seperti apa cara membuat vanilla paste?   

Siapkan dahulu semua bahan-bahan di atas ya, bila sudah siap, campurkan terlebih dahulu vanilla bubuk dan gula pasir pada wadah terpisah, kemudian air matang dituangkan ke dalam panci kecil, nyalakan kompor pada api sedang. Masukkan campuran vanilla bubuk dan gula pasir ke dalam air matang pada panci.


Setelah vanilla bubuk dan gula pasir dimasukkan pada panci, lakukan pengadukan pada nyala api sedang hingga mendidih. Nah saat mendidih, masukkan 1 sendok teh tepung maizena yang sudah dicairkan, lanjutkan pengadukan sampai mulai mengental. 
 

Bilamana sudah mulai terlihat ada kekentalan, matikan api kompor, masukkan 1 sendok teh perasan air jeruk nipis. Kembali lanjutkan pengadukan sembari mendinginkan vanilla pasta. Bilamana sudah agak dingin, baru deh dipindahkan ke dalam wadah toples kaca dan simpan di dalam lemari pendingin.


Vanilla bean paste yang siap digunakan pada ragam aneka resep kue, makanan dan minuman dengan daya tahan 1 tahun bila di simpan dalam kulkas dengan baik. Dilansir dari Bake from Scratch, pada artikel yang berjudul A Baker's Guide to Vanilla Paste, vanilla bean paste yang bisa tahan sampai 3 tahun bila tidak di simpan dalam kulkas, cukup simpan pada lemari kitchen cabinet yang sejuk dan gelap atau terhindari matahari, penyimpanan dalam kulkas yang akan membentuk kondensasi pada pasta vanilla.  

Dari bahan resep vanilla paste rumahan dengan 15 gram vanilla bubuk, 1 sendok teh jeruk nipis, 1 sendok teh tepung maizena, 70 gram gula pasir dan 70 gram air matang, ternyata bisa dapet vanilla paste 75 ml, enggak nyangka sih, awalnya bisa dapet 50 ml aja udah lumayan. Buat yang anti gula, resep bisa diganti pemanis selain gula ya, dan mungkin bisa ada pengaruh pada perolehan dan rasa vanilla paste yang dihasilkan, contoh pengganti gula yaitu seperti date sugar atau bubuk kurma.


1 sendok makan vanilla paste = 15 ml
5 sendok makan vanilla paste = 75 ml


Ya lumayan lah, artinya kalau buat sendiri pake semua 50 gram vanili bubuk bisa dapet banyak cadangan bahan flavor di dapur untuk dibuat resep baking. Ini dengan catatan enggak diisengin anak-anak ya, wangi dan manisnya vanilla paste soalnya menggoda anak-anak icip-icip colek dan dipake selai roti soalnya, belum lagi papahnya anak-anak suka mencampur vanilla paste untuk umpan mancing ikan.


Boleh enggak gula pasir diganti madu? Boleh banget. 70 gram gula pasir = +/- 5 sendok makan gula pasir = +/- 18 sendok teh gula pasir. Menurut American Heart Association, 1 sendok makan madu setara dengan 3 sendok teh gula, berarti apabila ingin mengganti gula pasir dengan madu, takaran harus dikurangi sepertiganya, cukup 6  sendok makan madu paling maksimal. Terus madu dimasukkan terakhiran saat pendinginan vanilla pasta.


Bisakah mengganti gula pasir dengan pemanis stevia pada resep vanilla paste? Bisa banget, stevia, pemanis alami ini memiliki rasa manis hingga 300 kali lebih kuat dari gula biasa namun tidak memiliki kalori sehingga berdampak minimal pada gula darah. Untuk 1 sendok teh gula pasir sama dengan 2 - 3 tetes cairan stevia atau 1/4 sendok teh bubuk stevia, berarti apabila ingin mengganti gula pasir dengan bubuk stevia adalah cukup 4 sendok teh bubuk stevia pada resep vanilla paste.

Pengetahuan bermanfaat dari Sekolah Muslimah Melek Sehat (M2S) @dapurnayyas, Siapa sih yang ga suka dengan manisnya gula? Kenapa sih gula pasir sebaiknya diganti dengan pemanis lainnya? Konsumsi gula berlebih dapat membuat tubuh kelebihan fruktosa yg dapat membebani hati dan perlemakan hati⁣⁣, karies pada gigi, penyakit jantung, resistensi hormon insulin, resiko tertimbunnya lemak di lingkar pinggang, dapat mengakibatkan kecanduan, kelebihan fruktosa dalam tubuh dapat mengacaukan sistem pengendali nafsu makan, alhasil hormon ghrelin yg perperan sbg penimbul rasa lapar⁣ meningkat.

Selain efek dari gula pasir, alasan kenapa dianjurkan mengganti ke pemanis alami lainnya seperti madu, gula aren dll karena gula aren memiliki nilai indeks glikemik yang lebih rendah yaitu sebesar 35 sedangkan pada gula pasir indeks glikemiknya sebesar 58. Nilai indeks glikemik yang lebih rendah ini membuat gula aren lebih aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang signifikan. 

Nanti Kita share lagi penggunaan vanilla paste atau pasta vanilla pada resep ya. Trus bagi yang penasaran dengan resep vanilla bean paste versi pakai vanilla bean batangan bisa dilihat posting blog yang lawas, Resep Pasta Vanilla Rumahan. Kalau perlu vanilla powder grosiran untuk buat vanilla paste jumlah besar ataupun rencana dikemas kecil bisa ke Vanilla Bubuk Grosir