Wangi Buah Vanilla Asli Ternyata Beda-Beda

Wangi buah vanilla asli yang ternyata beda-beda, dulu, sempat coba vanilla bubuk buatan Madagascar kiriman seorang teman dari Belanda, vanille bourbon poudre, tekstur bubuknya halus banget dan lembut, wangi bubuknya yang ternyata juga beda dengan vanilla bubuk lokal di Indonesia, dengan catatan harus vanilla bubuk asli ya, bukan sintetis atau imitasi. Seperti apa sih wangi buah vanilla asli yang ternyata beda-beda itu?

 
Pengetahuan Food& Wine, The 4 Kinds of Vanilla Beans to Know, artikel yang ditulis oleh Jocelyn Ruggiero, aroma wangi buah vanilla yang berbeda bergantung bukan hanya saja karena jenis varietas tanaman, seperti anggur, aroma wangi buah vanilla yang juga ditentukan kondisi lingkungan dan juga tanah sebagai tempat di mana tanaman dipelihara. Jadi tiap jenis tanaman dan juga daerah asal memiliki ciri khas dan citarasa tersendiri.

Contoh buah vanilla Madagascar yang dari penjelasan artikel tersebut disebutkan memiliki rasa yang manis dan aroma lembut, kemudian buah vanilla asal Meksiko yang selain memiliki rasa manis juga ada karakter rasa pedas seperti cengkeh dan pala. Ada juga buah vanilla Tahitian yang memiliki aroma seperti buah yang fruity, sedikit berbau bunga ceri dan adas, sementara untuk buah vanilla Indonesia dikenal dominan memiliki aroma smoky dan woody.


Mana yang lebih baik diantaranya keempat-empatnya? Tentu bergantung selera masing-masing, karena pasti keempatnya juga memiliki keunggulan yang tidak dimiliki satu sama lain. Namun yang jelas ini jauh lebih baik untuk membiasakan diri dibandingkan membeli vanili imitasi.

Seperti pecinta es krim misalnya, jauh lebih senang bila yang dipakai adalah vanilla Tahitian karena first impression aroma buah yang tercium saat awal, atau misal pecinta minuman rempah, barangkali vanilla Meksiko lebih pas dengan resep minuman yang dibuat. Untuk vanilla Indonesia sendiri digemari karena keunggulannya sebagai campuran pada resep cokelat ataupun cookies, minuman kesehatan serta bahan kecantikan, buah vanilla Planifolia Indonesia dikenal memiliki kandungan vanillin yang tinggi sebagai senyawa utama vanilla.



Vanilla Bubuk Asli Jenis Planifolia, Aroma Woody Smoky. Pas Banget untuk sebagai campuran pada resep cokelat ataupun cookies, minuman kesehatan serta bahan kecantikan. Pemesanan adalah bisa didapat pada link berikut Vanilla Bubuk Organik.

Informasi Alo Dokter, Amankah Perasa Vanili Bubuk Untuk Kesehatan? Penjelasan yang diberikan, minimalkan pemakaian perasa buatan maupun zat tambahan buatan lainnya pada makanan, optimalkan rasa dengan memakai bahan-bahan alami, misalnya dengan menambahkan rempah, buah, sayur, atau kacang-kacangan disesuaikan dengan rasa yang ingin dicapai, pastikan bilamana itu perasa buatan adalah terdaftar dalam BPOM, kemudian gunakan secukupnya dan jangan berlebihan, untuk bayi dan anak sebaiknya pemakaian dibatasi. Baca juga posting blog terdahulu yaitu tentang Kenapa Vanilla Bubuk Sintetis Lebih Wangi?