Resep Vanilla Paste Tahan Awet Enak Berapa Lama?

Gimana? Sudah pada nyoba resep vanilla paste enak dan murah di rumah? Kalau Saya bilang sih ini lebih murah dibanding harus pake vanilla bean, terus hari ketiga disimpan dalam kulkas pas dibuka tutupnya harumnya makin menjadi-jadi, vanilla paste buatan sendiri masih belum dicoba ke resep baking, makanan ataupun minuman, masih lebih sayang dengan wanginya, pertanyaannya, resep vanilla paste tahan awet enak berapa lama?


Resep vanilla paste pake vanilla bubuk yang lebih murah dibanding pake vanilla bean, beli vanilla bubuk asli di Kantin Organik, kemasan 50 gram cuman 90 ribuan rupiah lebih dikit, yang dipake pada resep vanilla paste cuman 15 gram, nah versus harga vanilla bean yang dijual online rata-rata 80 sampe 100 ribuan kemasan 10 gram, ya kalau dihitung-hitung food cost memang lebih murah kalau pake vanilla bubuk. Sisa vanilla bubuk bisa dipake untuk resep baking ataupun memasak yang lain, misal, Resep Vanilla Chicken Katsu.  


Dari bahan resep vanilla paste rumahan dengan 15 gram vanilla bubuk, 1 sendok teh jeruk nipis, 1 sendok teh tepung maizena, 70 gram gula pasir dan 70 gram air matang, ternyata bisa dapet vanilla paste 75 ml, enggak nyangka sih, awalnya bisa dapet 50 ml aja udah lumayan. Buat yang anti gula, resep bisa diganti pemanis selain gula ya, dan mungkin bisa ada pengaruh pada perolehan vanilla paste yang dihasilkan.


1 sendok makan vanilla paste = 15 ml
5 sendok makan vanilla paste = 75 ml

Ya lumayan lah, artinya kalau buat sendiri dari 50 gram vanili bubuk bisa dapet banyak cadangan bahan flavor di dapur untuk dibuat resep baking. Ini dengan catatan enggak diisengin anak-anak ya, wangi dan manisnya menggoda anak-anak icip-icip colek dan dipake selai roti soalnya. Langsung aja lihat resepnya pada postingan lawas tentang Resep Vanilla Pasta Rumahan Enak Dan Murah.

Kembali ke pertanyaan, resep vanilla paste tahan awet enak berapa lama? Kalau saya simpan di kulkas bisa tetap bagus sampe 1 tahun, lebih dari itu biasanya akan terjadi kondensasi pada wadah. Paling bagus simpan di lemari makan, sejuk, gelap dan terhindar sinar matahari, itu bisa tahan sampe 3 tahun dan aroma tambah wangi. Tapi dari pengalaman biasanya enggak nyampe 1 tahun udah enggak awet, loh kenapa? Ya itu tadi, habis dipake bahan resep terus anak-anak yang pada icip-icip colek tanpa sepengetahuan.