Resep Serabi Saus Vanilla

Alhamdullilah, baru coba resep baru lagi nih di dapur untuk cemilan berbuka anak-anak, tetap di rumah aja! Masih bertema daun suji dan juga vanilla, yaitu resep serabi saus vanilla. Serabi, kue tradisional Indonesia dan jajanan pasar yang banyak diminati. Serabi yang sekarang ini dapat dinikmati dengan ragam rasa, kolaborasi resep serabi dengan aneka jenis saus, mulai dari saus Nanas, saus Kinca hingga saus Vanilla. Serabi saus vanilla? Ini dia bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya.


Adonan biang serabi
50 gram terigu, 50 ml air dingin
1 sendok teh Fermipan

Adonan dasar serabi
100 gram tepung terigu, 100 gram tepung beras
600 ml santan, 1 sendok teh baking powder
1 butir telur kocok lepas, 1/4 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir, pewarna alami daun suji

Bahan Saus Vanilla
200 ml susu cair, 1 sendok makan tepung maizena
1 butir kuning telur, 2 sendok gula pasir
Sejumput garam, 1/2 sendok teh vanili bubuk asli@KantinOrganik


Campurkan adonan biang terlebih dahulu dan diamkan selama 30 menit. Manfaat adonan biang dalam proses pembuatan serabi agar saat adonan dimasak maka akan menciptakan serat-serat pada serabi. Setelah 30 menit, baru campurkan tepung terigu, tepung beras, baking powder, garam dan gula ke dalam adonan biang, uleni hingga kalis. Masak santan sampai mendidih akan tetapi jangan sampai pecah.


Campurkan santan pada adonan serabi secara bertahap dan tepuk-tepuk adonannya. Masukkan sisa santan, diaduk hingga rata kemudian sisa santan disaring agar adonan tidak menggumpal. Terakhir, masukkan telur, aduk-aduk dan diamkan adonan selama 1 jam, jika ingin serabi menjadi berwarna maka dapat diberikan pewarna pada adonan, di sini dipakai pewarna daun suji. Posting blog terdahulu, Manfaat Daun Suji Pewarna Kue.  


Panaskan cetakan dengan api sedang, masukkan adonan serabi ke dalam cetakan, setelah terlihat adonan berlubang pada cetakan maka segera tutup cetakan dan tunggulah beberapa menit, angkat serabi yang sudah matang dan siap dihidangkan dengan saus vanilla di atasnya. Cara membuat saus vanilla, masukkan vanilla bubuk ke dalam susu cair, tambahkan gula dan garam, masak hingga mendidih. Sebelum api dimatikan dan adonan susu cair diangkat,  cairkan 1 sendok makan tepung maizena dengan sedikit air kemudian masukkan ke dalam adonan susu tersebut yang masih dimasak, terakhir, masukkan kuning telur ke dalam adonan susu cair, tunggu sampai matang mendidih. Saus vanilla telah siap sebagai pelengkap serabi. Perlu diingat, penggunaan vanilla asli pada adonan akan membuat warna titik hitam pada resep saus ya.