Herbal Teh Kecantikan Kayu Secang

Saya pikir serutan kayu, ternyata ini toh herbal kayu secang, Alhamdullilah, dibelikan oleh suami untuk coba dibuat minuman sehat. Sappan wood, browsing resep, tertarik dengan  resep chef Gatot Susanto pada KOMPAS.com, membuat wedang secang yang dikenal juga dengan wedang kuwuh, minuman herbal dari serutan kayu dengan bahan kayu secang, serai, daun pandan, kapulaga, jahe dan kayumanis.  Oh iya, daun pandan yang berjuluk Vanilla of The East pada resep ini Saya ganti real rempah vanilla.

Bahan resep
1 gelas air matang
5 biji kapulaga lokal
3 serutan kayu secang
1 jempol jahe digeprek
1 batang sereh digeprek
1 batang kulit kayumanis
2 sendok makan madu murni

Masya Allah, ketika semua bahan direbus sembari diaduk hingga tampak mendidih, kayu secang yang langsung mengeluarkan warna merah seperti bunga Rosella, I love it. Nah matikan api kompor, tunggu hingga hangat sejenak, sesudah itu lalu tambahkan 2 sendok makan madu. Rasanya enak banget, minuman yang menghangatkan tubuh bila diminum malam hari dan membuat perut nyaman bagi yang sedang nyeri haid dan hendak aktivitas pagi hari. Diminum cukup satu kali dalam sehari ya. 

Saya pikir serutan kayu, ternyata ini toh herbal kayu secang, Alhamdullilah, dibelikan oleh suami untuk coba dibuat minuman sehat. Sappan wood, browsing resep, tertarik dengan  resep chef Gatot Susanto pada KOMPAS.com, membuat wedang secang yang dikenal juga dengan wedang kuwuh, minuman herbal dari serutan kayu dengan bahan kayu secang, serai, daun pandan, kapulaga, jahe dan kayumanis.  Oh iya, daun pandan yang berjuluk Vanilla of The East pada resep ini Saya ganti real rempah vanilla.

Antitumor
Antikanker
Melancarkan Haid
Mengatasi Nyeri Haid
Meningkatkan Imunitas
Memulihkan Stamina
Mencerahkan Kulit
Mengurangi Jerawat
Menurunkan tekanan darah
  
Pengetahuan dokter @zaidulakbar, manfaat kayu secang yang bagus untuk imunitas tubuh, memulihkan stamina dan menghadang virus, kemudian dikutip dari AcupunctureToday, dalam pengobatan tradisional Tiongkok, kayu secang dikaitkan dengan meridian jantung, hati, dan limpa, fungsi utamanya adalah menyegarkan darah, menurunkan tekanan darah, melancarkan siklus menstruasi dan mengurangi nyeri haid. Lihat resep minuman kewanitaan lainnya,




Kayu secang yang juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan, antioksidan kayu secang mengurangi kulit kusam sehingga dapat terlihat lebih cerah. Kandungan brazilin pada kayu secang yaitu senyawa yang membuat warna merah dapat mematikan bakteri propiobacterium penyebab jerawat. Kayu secang memiliki kandungan kloroform, n-butanol, dan metanol air yang memiliki sifat antikanker. Kandungan senyawa-senyawa tersebut bisa menghambat dan menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker dan tumor.